Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Jurusan Teknik Cocok bagi Perempuan, Calon Mahasiswi Pilih Mana?

KOMPAS.com - Jurusan teknik identik banyak dipilih oleh kaum laki-laki. Namun ada beberapa jurusan teknik yang cocok untuk kalangan perempuan lho.

Jurusan teknik yang cocok bagi perempuan ini banyak dipilih juga karena prospek kerjanya yang luas dan banyak pula kalangan perempuan yang menekuni profesi tersebut.

Jurusan teknik apa saja yang cocok bagi perempuan?

Melansir dari laman Aku Pintar, Minggu (6/11/2022) membagikan beberapa referensi jurusan teknik yang cocok dipilih perempuan. Yuk simak ulasannya.

Jurusan teknik yang cocok bagi perempuan

1. Teknik Biomedik

Tak banyak Jurusan Teknik Biomedik di Indonesia. Biasanya merupakan sempalan dari Jurusan Teknik Elektro.

Jurusan Teknik Biomedik juga banyak diminati kalangan perempuan dibandingkan dengan Teknik Elektro.

Bukan tanpa alasan bila Teknik Biomedik direkomendasikan sebagai jurusan teknik bagi perempuan. Selain sains, mahasiswa belajar tentang kesehatan dan teknologi kedokteran di Jurusan Teknik Biomedik. Cakupan keilmuan ini yang membuat Teknik Biomedik menarik bagi calon mahasiswi.

2. Teknik Kimia

Teknik Kimia disebut-sebut sebagai jurusan teknik untuk perempuan. Hal ini karena rasio mahasiswa dan mahasiswi di jurusan ini mencapai 50:50.

Tingginya minat kaum Hawa untuk kuliah di Teknik Kimia tak lepas dari prospek kerjanya di bidang industri pangan, barang konsumsi, hingga kosmetik.

3. Teknik Industri

Jurusan teknik juga termasuk jurusan teknik yang cocok bagi perempuan. Teknik Industri terbagi ke dalam tiga bidang keahlian, yaitu Sistem Manufaktur, Manajemen Industri, serta Sistem Industri dan Tekno Ekonomi.

Manajemen Industri menarik minat banyak mahasiswi ketimbang dua bidang yang lain. Dengan prospek kerja yang luas menyebabkan Teknik Industri menjadi jurusan kuliah yang menjanjikan bagi kalangan perempuan.

4. Teknik Sipil

Siapa bilang urusan bangunan di Teknik Sipil adalah pekerjaan pria saja? Peluang kerja lulusan Teknik Sipil wanita tak kalah dengan peluang lulusan pria.

Profesi Surveyor bisa dilakoni oleh Sarjana Teknik Sipil, baik lelaki maupun perempuan. Bahkan, surveyor wanita pada umumnya lebih teliti dan cermat dalam memeriksa dokumen.

5. Teknik Elektro

Pada umumnya Teknik Elektro sering tak dihitung sebagai jurusan teknik yang cocok bagi perempuan.

Namun tetap saja ada calon mahasiswa perempuan yang memiliki minat pada bidang kelistrikan.

6. Teknik Pertanian

Teknik Pertanian juga menjadi salah satu rekomendasi jurusan teknik yang cocok untuk perempuan. Di jurusan ini ada peminatan Mikrobiologi yang biasanya disenangi oleh para mahasiswi.

Demikian 6 jurusan teknik yang cocok untuk perempuan. Sehingga bagi calon mahasiswi yang tertarik ke jurusan Teknik tidak usah ragu-ragu untuk mendaftar ke jurusan teknik di perguruan tinggi idamanmu.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/06/184757671/6-jurusan-teknik-cocok-bagi-perempuan-calon-mahasiswi-pilih-mana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke