Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Prospek Kerja Bidang Pertanian, Potensi Cuan Tinggi

KOMPAS.com - Bekerja di bidang pertanian, bukan lagi hal yang memalukan. Bahkan kalau jeli, bekerja di bidang ini justru menghasilkan cuan yang lumayan tinggi.

Banyak prospek kerja di bidang pertanian selain menjadi petani. Dari teknik ke sains veteriner, sains tanaman hingga penjualan, cukup luas karier di bidang.

Dikutip dari laman karir Institut Teknologi Bandung (ITB), berikut adalah beberapa prospek kerja di bidang pertanian yang menawarkan potensi yang besar dan prospek pekerjaan yang baik.

1. Agricultural engineers

Insinyur pertanian merancang sistem, mesin, dan peralatan untuk mendukung proses pertanian sekaligus meringankan pekerjaan dalam bidang pertanian. 

Mereka menerapkan prinsip-prinsip teknik mesin, listrik, komputer, dan lingkungan untuk meningkatkan pekerjaan di bidang ini.

Profesional di bidang pertanian biasanya merupakan sarjana teknik pertanian atau biologi.

Berkarir di bidang pertanian pun dapat dilakukan oleh kita yang memiliki latar belakang pendidikan teknik listrik, mekanik, sipil, atau komputer tradisional, dan menyelesaikan proyek khusus atau magang di sektor pertanian.

2. Agricultural and Food Scientists

Ilmuwan pertanian dan pangan bertugas untuk menemukan cara meningkatkan produktivitas, kualitas, dan keamanan tanaman dan hewan ternak.

Mereka menciptakan produk makanan baru dan memodifikasi produk yang sudah ada, dan juga memperbaiki metode pengemasan, pengawetan, dan pengiriman produk.

Ilmuwan dalam bidang ini biasanya berlatar belakang pendidikan di bidang pangan atau ilmu pertanian. Beberapa profesional bahkan melanjutkan pendidikan untuk gelar khusus seperti bidang toksikologi dan dietetika.

3. Ahli hidrologi

Ahli hidrologi mempelajari struktur pasokan air, yang sangat penting untuk operasi pertanian. Mereka memantau dan mengevaluasi dampak pertanian terhadap kualitas air dan mencari cara untuk meminimalkan erosi dan polusi.

Ahli hidrologi biasanya merupakan lulusan yang memiliki gelar master dalam geosains, teknik, atau ilmu bumi, dengan spesialisasi dalam hidrologi.

4. Soil and Plant Scientists

Ilmuwan tanah dan tanaman mempelajari dan meneliti produksi tanaman. Mereka bertugas untuk mencari metode inovatif dalam merawat tanah, mengendalikan penyakit dan hama, dan mengembang biakan tanaman.

Prospek kerja ini, menguji komposisi kimia, biologi, dan mineral tanah pertanian. Biasanya ilmuan tanah dan tanaman ini memiliki latar belakang pendidikan di bidang botani, ilmu tanaman, ilmu tanah, atau gelar pertanian terkait.

5. Penjualan Peralatan / Suplai Pertanian

Salah satu prospek kerja dalam bidang pertanian yang dapat kita coba adalah mendirikan tempat penjualan produk hasil pertanian dan mempromosikan produk pertanian tersebut.

Produk hasil pertanian yang dapat kita jual seperti benih, pupuk, peralatan-peralatan, bahan bakar, rumah kaca, struktur penyimpanan, hingga tanaman.

Menjadi penjual hasil pertanian, kadang bisa ikut mendidik dan melatih para petani tentang produk baru yang mereka jual.

Berkarir di pekerjaan ini bisa dari berbagai latar belakang, termasuk yang memiliki pengalaman sebagai petani, serta lulusan program pertanian dan gelar bisnis.

Ternyata tidak hanya menjadi petani, berkarir di bidang pertanian cukup luas. Bahkan beberapa pekerjaan di atas adalah pekerjaan penting yang mendukung sistem pertanian. Jika tertarik, kita dapat memilih beberapa pekerjaan tersebut untuk berkarir di bidang pertanian.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/29/084700771/5-prospek-kerja-bidang-pertanian-potensi-cuan-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke