Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unesa Pecahkan Rekor MURI, Tanda Tangan MoU Terbanyak dengan 173 Pemda

KOMPAS.com - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berhasil mencatatkan diri di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Kali ini Unesa mendapatkan rekor MURI karena menjadi perguruan tinggi yang menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan pemerintah daerah (pemda) terbanyak yaitu berjumlah 173 pemerintah daerah (pemda) dan kecamatan.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan pimpinan, jajaran fakultas dan prodi bersama mitra yang bersangkutan secara luring dan daring dalam acara puncak Dies Natalis ke-58 Unesa.

Rektor Unesa Prof. Dr Nurhasan menjelaskan, rekor MURI ini sebagai kado ulang tahun ke-58 Unesa.

Dia menerangkan, melalui kerja sama ini, pada satu sisi dalam rangka pencapaian indikator kinerja utama (IKU) menuju PTN-BH dan maksimalisasi implementasi merdeka belajar dan kampus merdeka (MBKM).

Kolaborasi ini untuk semakin membuka ruang belajar yang seluas-luasnya bagi mahasiswa dalam mengembangkan diri dan kompetensi sesuai bidang keilmuannya.

Termasuk bagi dosen dalam melakukan program riset maupun pengabdian masyarakat.

"Kampus ini saya ibaratkan rumah makan padang yang punya banyak menu favorit. Mahasiswa tinggal memilih menu yang sesuai selera, bisa rendang atau yang lain. Dalam artian mahasiswa tinggal memilih program mana yang sesuai passion, minat atau bakat serta rencana karier masa depan mereka. Kami siapkan dan fasilitasi, salah satunya lewat kolaborasi yang keren ini," urai Rektor Unesa seperti dikutip dari laman Unesa, Selasa (16/8/2022).

Dia mengungkapkan, di sisi lain, sinergi ini juga untuk sama-sama mendorong kemajuan daerah dari tingkat provinsi, kecamatan, desa hingga rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW).

Dalam hal ini Unesa, baik dosen, tenaga kependidikan maupun mahasiswa harus menjadi katalisator pembangunan daerah hingga di desa-desa.

SDM Unesa satu langkah di depan harus melahirkan terobosan dan lompatan penting bagi masyarakat, bangsa dan negara.

"MURI ini sebagai motivasi bagi Unesa sendiri untuk meningkatkan kualitas kinerja dan memberikan kontribusi terbaiknya untuk masyarakat Indonesia," imbuh Rektor Unesa.

Rektor Unesa menambahkan, capaian ini juga untuk memotivasi kampus lain dalam memperkuat sinergi dengan pemerintah dan institusi lainnya.

Catatkan lima rekor MURI

Senior Manager MURI Sri Widayati menyampaikan, pencatatan MURI bagi Unesa ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, kampus "Satu Langkah di Depan" ini juga catatkan rekor memprakarsai pantomim di kereta api dengan manipulasi olahraga peserta terbanyak pada Mei 2013.

Selain itu juga pemecahan rekor menyanyikan lagu nasional dengan bahasa isyarat oleh mahasiswa terbanyak pada Desember 2018.

Selanjutnya flashmob dengan unsur tari remo oleh penari terbanyak pada Desember 2019. Serta penandatanganan kerja sama universitas dengan SMK negeri dan swasta terbanyak, 837 SMK pada Desember 2021.

"Pada hari ini, kami bersyukur berada di sini dalam rangka acara puncak Dies Natalis ke-58 Unesa mencatatkan MURI yang kelima," papar Sri Widayati.

Sri Widayati berharap semoga Unesa makin jaya dan sukses dengan berbagai prestasi yang diraih.

Unesa beri penghargaan kepada sejumlah tokoh

Sebagai apresiasi terhadap para tokoh atau pejabat yang berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan peningkatan SDM di Indonesia, Unesa memberikan penghargaan berupa anugerah Widya Wiyata Dharma Samya kepada sejumlah pejabat dan tokoh.

Penerima anugerah tersebut diantaranya Menpora RI Dr. Zainudin Amali, KSAD, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, Bupati Blitar Bupati Blitar Rini Syarifah, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, hingga JTV Surabaya.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/08/16/153540971/unesa-pecahkan-rekor-muri-tanda-tangan-mou-terbanyak-dengan-173-pemda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke