Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Situs Belajar Excel Gratis bagi Mahasiswa, Coba Cek

KOMPAS.com - Para mahasiswa tentu tidak asing saat mengerjakan tugas kuliah menggunakan Ms Excel.

Tentunya skill penghitungan data serta pengolahan data dengan Excel wajib dimiliki oleh mahasiswa, terutama mahasiswa tingkat akhir.

Excel sendiri dalah software pengolah data yang merupakan bagian dari Microsoft Office.

Program ini bermanfaat untuk memudahkan kamu mengolah data, terutama angka dalam jumlah yang banyak. Microsoft Excel juga berfungsi untuk membantu kamu melakukan penghitungan aritmatika dan statistika sehingga dapat menyelesaikan permasalahan logika dan Matematika.

Microsoft Excel juga dapat membantu mahasiswa mengolah data kuantitatif menjadi kualitatif.

Beragam manfaat Excel, membuat software ini menjadi skill yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Untuk mempelajari Microsoft Excel, ada beberapa situs yang bisa kamu akses secara gratis. Berikut ini rekomendasi situs belajar untuk tingkatkan skill Excel dilansir dari laman Institut Teknologi Batam (Iteba).

5 rekomendasi situs belajar excel gratis

1. Excel Easy

Salah satu situs yang menyediakan materi pembelajaran Excel adalah Excel Easy. Website ini dapat diakses secara gratis dan sangat direkomendasikan untuk pemula yang mau belajar Excel.

Kamu bisa mempelajari mulai dari definisi Excel hingga rumus-rumus yang biasa digunakan untuk mengerjakan tugas dengan bantuan Excel.

Cara mengaksesnya cukup mudah, kamu bisa membuka situs https://www.excel-easy.com/ dan mulai mempelajari Excel dari dasar.

2. Excel Hero

Lain halnya dengan Excel Easy, Excel Hero direkomendasikan untuk kamu yang sudah memiliki pemahaman dasar tentang Excel.

Situs Excel Hero cocok bagi kamu yang ingin belajar Excel di tingkat lanjutan. Dalam situs ini, kamu bisa mempelajari formula-formula Excel dengan mudah.

Mahasiswa bisa mengakses situs Excel Hero secara gratis di http://www.excelhero.com/

3. ExcelJet Net

Dalam situs ini, mahasiswa akan mempelajari formula-formula yang biasa digunakan di Excel, seperti filter, duplicate, dan split text.

Situs ini terdiri atas 500 rumus Excel, 222 shortcut untuk pengguna Windows dan Mac, serta fungsi Excel, pivot table, dan tutorial video untuk mengerjakan Excel.

Situs ini menyediakan kelas berbayar dengan materi yang lebih mendalam dan cocok untuk diakses pengguna Excel tingkat lanjut. Untuk mengakses situs ini, bisa berkunjung ke https://exceljet.net/

4.  Improve Your Excel

Website ini bisa dimanfaatkan oleh pemula maupun tingkat lanjut. Ada banyak tools di Excel yang bisa kamu pelajari, seperti charts, data, functions, hyperlinks, pivot table, dan power map.

Di situs ini akan mempelajari tools tersebut. Improve Your Excel membuat kamu semakin mudah untuk mencari bahan belajar Excel sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya formula Excel, situs ini juga memuat tips dan trik penggunaan Excel.

5. Excel Exposure

Excel Exposure cocok buat kamu yang sudah paham tentang dasar-dasar penggunaan program Excel.

Pembelajaran yang diberikan di website ini juga dapat kamu akses dalam bentuk workbook ataupun video tutorial. Situs ini juga menyediakan kursus gratis dan berbayar.

Itulah lima rekomendasi situs belajar untuk tingkatkan skill Excel. Dengan demikian, kamu akan mahir mengolah data menggunakan Excel.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/07/31/222540671/5-situs-belajar-excel-gratis-bagi-mahasiswa-coba-cek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke