Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Jalur Mandiri UNS, Siswa Gap Year bisa Daftar

KOMPAS.com - Untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang ke perguruan tinggi negeri, calon mahasiswa bisa menggunakan beberapa jalur.

Jika kamu termasuk siswa yang tidak mendaftar SNMPTN dan UTBK SBMPTN 2022, masih ada jalur Mandiri yang bisa kamu manfaatkan.

Salah satu perguruan tinggi negeri yang banyak diminati calon mahasiswa adalah Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Pada penerimaan mahasiswa baru 2022, UNS membuka jalur Mandiri dengan beberapa kategori.

Melansir dari laman resmi SPMB UNS, Senin (25/4/2022), ada delapan jalur mandiri UNS yang bisa dimanfaatkan para calon mahasiswa.

Seleksi Mandiri Universitas Sebelas Maret (SM UNS) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan UNS di luar jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Dari beberapa jalur mandiri yang disediakan UNS, juga memberi kesempatan bagi lulusan SMA paling lama tiga tahun yang lalu untuk mendaftar. Sehingga siswa gap year yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, bisa memanfaatkan kesempatan ini.

Delapan jalur mandiri yang disediakan UNS yakni SM UNS Seleksi Mandiri Jalur Tulis UNS, SM UNS Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan, SM UNS Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas, SM UNS Seleksi Mandiri UTBK, Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda, Seleksi Mandiri Jalur UTBK Gelombang 2 dan Seleksi Mandiri Jalur Tulis UNS Gelombang 2.

Adapun ketentuan umum untuk mendaftar jalur mandiri UNS yakni:

1. Warga Negara Indonesia.

2. Lulusan SMA/MA/SMK/SMALB atau yang sederajat paling lama 3 tahun terakhir.

3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

4. Mendaftarkan diri sebagai peserta Seleksi Mandiri UNS.

Berikut penjelasan 8 jalur mandiri yang disediakan UNS pada masa penerimaan mahasiswa baru 2022:

8 jalur mandiri UNS

1. SM UNS Seleksi Mandiri Jalur Tulis UNS (SM UNS - SMJU atau UTUL UNS)

Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) UTUL UNS diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir. Melalui jalur ini, calon mahasiswa akan diseleksi dengan menggunakan Nilai Ujian Tulis (UTUL) yang diselenggarakan UNS.

2. SM UNS Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan (SMJK)

Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan (SMJK) diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama 3 tahun terakhir yang memenuhi persyaratan yang ditentukan UNS dan merupakan rekomendasi dari instansi mitra (perusahaan/pemerintah daerah/institusi pemerintah) yang mempunyai Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan antara instansi pengusul (mitra) dengan UNS yang masih berlaku.

3. SM UNS Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD)

Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD) diperuntukkan bagi calon mahasiswa disabilitas lulusan SMA/MA/SMK/SMALB atau yang sederajat paling lama 3 tahun terakhir. Selain itu calon mahasiswa juga memiliki kemampuan akademik yang memungkinkan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

4. SM UNS Seleksi Mandiri UTBK (SMJU)

Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) UTBK, diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama 3 tahun terakhir. Melalui jalur ini, calon mahasiswa akan diseleksi dengan menggunakan Nilai UTBK yang dikeluarkan oleh LTMPT tahun 2022.

5. Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SM UNS - SMJKM)

Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM) bertujuan menjaring calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat paling lama 3 tahun terakhir yang pernah mengemban tugas sebagai Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Pramuka minimal satu periode.

SMJKM memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengasah jiwa kepemimpinan dan meningkatkan kompetensi keilmuannya selama menempuh pendidikan di UNS.

6. Seleksi Mandiri Jalur Kelas Internasional (SM UNS - SMJKI)

Penerimaan mahasiswa baru program sarjana kelas internasional diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama 3 tahun terakhir.

Program Kelas Internasional dimaksudkan untuk menjaring calon mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman belajar secara Internasional. Materi perkuliahan disampaikan dalam Bahasa Inggris.

7. Seleksi Mandiri Jalur UTBK Gelombang 2 (SM UNS - SMJU (UTBK))

8. Seleksi Mandiri Jalur Tulis UNS Gelombang 2 (SM UNS - SMJU atau UTUL UNS)

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jalur mandiri UNS bisa melihat informasinya langsung melalui laman https://spmb.uns.ac.id/jalur-masuk/jenjang?jenjang=s1.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/04/26/072100071/8-jalur-mandiri-uns-siswa-gap-year-bisa-daftar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke