Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tahapan Lengkap Daftar SNMPTN 2022 di portal LTMPT

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 telah dibuka sekarang pada pukul 15.00 WIB dan berlangsung hingga 28 Februari 2022.

Para calon pendaftar yang bisa mendaftar SNMPTN adalah siswa SMA yang sudah memiliki akun di LTMPT, akunnya sudah permanen. 

Lalu, termasuk salah satu siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap yang dapat mendaftar di SNMPTN.

Dilansir dari Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 yang dikeluarkan LTMPT, berikut ini adalah tahapan pendaftaran SNMPTN 2022:

Login ke portal LTMPT dan cek data

Login di portal LTMPT yakni https://snmptn.ltmpt.ac.id/dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.

Jika kamu memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, tampilan yang muncul setelah kamu login adalah tampilan seperti pada Halaman Profil yang akan dijelaskan pada bab selanjutnya.

Jika kamu tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, akan muncul pesan "Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2022. Silakan mengikuti SBMPTN 2022".

Jika kamu memenuhi syarat yang disebutkan sebelumnya di atas namun belum melakukan permanen pada portal LTMPT, akan muncul pesan "Data Anda belum permanen, pastikan data Anda sudah permanen pada portal LTMPT. Anda akan logout otomatis dalam 30 detik".

Halaman profil berisi informasi biodata dari siswa. Perlu dicatat bahwa seluruh informasi pada kolom Biodata diambil dari data yang telah diisikan di portal.

Demikian pula dengan Nama, NISN, NPSN Sekolah, dan Asal Sekolah. Isian tersebut tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNMPTN. Berbeda dengan pengisian tahun sebelumnya, kolom Data Orangtua juga tidak perlu diisi karena mengambil informasi yang telah kamu isikan pada portal.

Memilih prodi

Memilih prodi Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan program studi (prodi) yang dipilih pada halaman 'PILIHAN'. Silakan pilih salah satu PTN/Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan pada kolom Pilihan PTN/Politeknik Negeri.

Setelah itu, akan muncul 'Daftar Prodi' yang dapat dipilih oleh siswa. Program studi yang akan muncul hanya program studi yang memperbolehkan jurusan dari SMA/SMK/MA asal siswa untuk mendaftar. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau dua PTN/Politeknik Negeri.

Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.

Jika memilih satu program studi, Anda dapat memilih PTN/Politeknik Negeri yang berada di provinsi mana pun. Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN/Politeknik Negeri yang dituju).

Terdapat juga informasi apakah prodi yang dipilih membutuhkan dokumen portofolio atau tidak pada kolom Portofolio.

Jika kolom Portofolio bernilai, prodi tersebut tidak membutuhkan dokumen portofolio.

Mengisi portofolio

Portofolio Siswa mengisikan portofolio pada halaman 'PORTOFOLIO', jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio.

Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, halaman 'PORTOFOLIO' tidak perlu diisikan. Untuk mengisi portofolio, pilih Browse untuk memilih file yang akan diunggah, kemudian tekan tombol 'SIMPAN'.

Unduh PPT digunakan untuk mengunduh PPT portofolio yang sudah kamu unggah sekaligus sebagai penanda bahwa sudah ada file yang kamu unggah (tombol akan berubah menjadi 'Sudah Diunggah', lalu unduh).

Mengisi prestasi

Siswa mengisikan prestasi pada halaman 'PRESTASI'. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib, artinya isiannya tidak wajib ada.

Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang pernah kamu dapatkan serta sesuai dengan prodi yang diminati.

Unggah Bukti Prestasi dengan menekan tombol Browse, kemudian pilih file yang akan kamu unggah dengan ukuran maksimal 2MB yang berformat pdf/png/jpg.

Kemudian isikan Deskripsi dari prestasi yang kamu unggah. Jika kamu memilih untuk mengunggah prestasi, kolom Deskripsi ini wajib diisi.

Contoh isian deskripsi sebagai berikut:

Juara 1 dari 150 peserta lomba pencak silat tingkat provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Dispora Jabar.

Finalisasi data

Finalisasi Siswa melakukan finalisasi pada halaman 'FINALISASI' jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah kamu melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak dapat diubah dengan alasan apa pun.

Jika sudah yakin benar, berikan checklist pada pernyataan persetujuan “Saya setuju untuk finalisasi” seperti pada gambar sebelumnya pada kotak yang diberi warna merah.

Unduh dan cetak kartu registrasi

Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi. Kartu registrasi berada pada halaman yang sama dengan Finalisasi.

Kamu hanya dapat mengunduh kartu registrasi jika sudah melakukan Finalisasi. Setelah unduh kartu registrasi, tahapan pendaftaran SNMPTN oleh siswa telah selesai.

Jadwal SNMPTN 2022

  • Sosialisasi PDSS: 1 Desember 2021-8 Februari 2022
  • Sosialisasi SNMPTN: 1 Desember 2021-28 Februari 2022
  • Launching kegiatan PMB: 4 Januari 2022. Penetapan siswa eligible: 4 Januari-8 Februari 2022. Pengisian PDSS: 8 Januari-10 Februari 2022
  • Registrasi akun LTMPT sekolah: 4 Januari-8 Februari 2022
  • Registrasi akun LTMPT siswa: 10 Januari-15 Februari 2022
  • Simpan permanen akun siswa: 8-15 Februari 2022
  • Pendaftaran SNMPTN: 14-28 Februari 2022 Pengumuman hasil SNMPTN: 29 Maret 2022

https://www.kompas.com/edu/read/2022/02/14/093000471/6-tahapan-lengkap-daftar-snmptn-2022-di-portal-ltmpt

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke