Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Komisi X DPR: Siswa SMK Harus Mampu Ciptakan Usaha Baru

KOMPAS.com - Lulusan SMK tidak hanya punya keterampilan khusus untuk siap bekerja. Tetapi, kini siswa SMK harus punya keterampilan lebih untuk bekerja di berbagai bidang.

Salah satunya bisa menciptakan usaha baru atau menjadi wirausaha. Demikian diungkapkan anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah.

Menurut Ledia, soft skill dan keterampilan-keterampilan tambahan bagi siswa SMK harus ditambah.

"Karena kalau tidak diberikan keterampilan tambahan, ketika ada perkembangan industri yang berubah cepat, mereka tidak punya kemampuan untuk itu," ujarnya dikutip dari laman DPR RI, Kamis (23/12/2021).

Dia berharap lulusan SMK tidak hanya sebagai pekerja, tapi harus ditargetkan bahwa mereka bisa menjadi wirausaha, atau menciptakan usaha baru.

"Meskipun katakanlah masih sangat jarang, tapi memang arahnya SMK kita belum sampai sana," papar Ledia saat mengikuti kunjungan kerja reses Komisi X DPR RI mengunjungi SMK 5 Denpasar, Bali.

Menurutnya, Komisi X DPR RI sudah menyampaikan hal tersebut berulangkali kepada menteri maupun jajaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, bahwa harus sudah menyiapkan bukan cuma lulusan SMK siap kerja.

Melainkan juga bisa menciptakan pekerjaan baru, yang artinya soft skill-nya harus ditambah.

Begitupun dengan keterampilan lainnya. Agar nanti bisa lebih berkembang, dan bisa mengantisipasi segala perubahan-perubahan zaman yang ada.

"SMK 5 Denpasar ini merupakan SMK berbasis seni. Enam puluh persen penghasilan Bali dari pariwisata. Kita harus mengantisipasi adanya kejenuh dalam pekerjaan," terangnya.

"Artinya harus ada pengembangan misalnya ekonomi kreatifnya atau kemudian pengembangan seninya atau pengembangan wisata dan destinasi destinasi baru," tandasnya.

Untuk itulah dia juga mendorong agar pemerintah pusat untuk memberikan keterampilan tambahan bagi para siswa SMK. Tentu agar kelak bisa menciptakan lapangan usaha baru.

Sehingga juga bisa mengembangkan pariwisata lokal sesuai tetap mengikuti perkembangan zaman. Sekaligus bebas dari kejenuhan.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/12/26/201050571/komisi-x-dpr-siswa-smk-harus-mampu-ciptakan-usaha-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke