Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Jurusan Kuliah Unik di Indonesia, Tak Ada di Negara Lain

KOMPAS.com - Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan budaya. Pemahaman akan budaya perlu diberikan kepada generasi penerus sebagai salah satu upaya pelestarian melalui pendidikan.

Saat menempuh pendidikan tinggi, umumnya para pelajar mengambil jurusan yang familiar ketimbang menempuh kuliah di jurusan unik. Namun banyak di antaranya yang anti-mainstream dan lebih memilih untuk berkuliah pada jurusan yang tak biasa.

Berikut adalah ulasan lengkap mengenai jurusan kuliah unik dan langka di Indonesia di bidang budaya, bahkan tidak ada di negara lainnya, merangkum platform edukasi Kelas Pintar, Sabtu (28/8/2021):

1. Teknologi Batik

Sebagai kota Batik, Pekalongan memiliki Universitas Pekalongan yang salah satu jurusan kuliahnya ialah Teknologi Batik.

Tepat pada 2011, Universitas Pekalongan secara resmi membuka jurusan Teknologi Batik guna meluluskan penerus bangsa dengan pengetahuan dan keterampilan seputar batik.

Dalam jurusan teknologi batik, kamu akan diberikan pemahaman tentang seluk-beluk batik mulai dari sejarah, filosofi, hingga produksi batik sendiri.

Harapannya, para lulusan jurusan ini mampu mengembangkan teknologi dan mendirikan usaha mandiri di bidang batik.

2. Seni Pedalangan

Kebudayaan wayang, baik itu wayang golek, wayang kulit hingga wayang orang, tidak hanya milik dan kebanggaan masyarakat Jawa saja, namun sudah menjadi warisan budaya bangsa Indonesia.

Saat ini, kebudayaan Wayang sudah menjadi bagian dari kebanggaan masyarakat Indonesia seiring dengan sebaran masyarakat Jawa di berbagai wilayah Tanah Air.

Tentunya, kehadiran wayang tidak lepas dari peran Dalang dibalik lakon yang diperankan wayang.

Rupanya, untuk mencetak para Dalang yang andal dan bisa membawa kebudayaan wayang ke dunia internasional, universitas yang menyediakan jurusan seni Pedalangan ialah Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Jurusan Seni pedalangan merupakan jurusan yang sangat spesifik membahas tentang seni pertunjukan wayang tradisional.

Di sini kalian akan diajarkan tentang konsep-konsep dalam pementasan wayang tradisional, belajar bagaimana berperan menjadi dalang serta membuat alur cerita dalam pementasan, filosofi pedalangan hingga pengetahuan sejarah pedalangan.

3. Sastra Jawa

Sastra Jawa menjadi jurusan unik lainnya yang hanya ada di Indonesia. Tak hanya sekadar belajar bahasa, di jurusan Sastra Jawa di Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Negeri Semarang, kamu akan mendapatkan pengajaran seputar linguistik, karya sastra, dan kebudayaan Jawa dengan lebih luas.

Dengan mempelajari ilmu dan budaya Jawa melalui naskah-naskah kunonya, kamu akan lebih memahami seluk-beluk sastra dan budaya Jawa dengan berbagai topik bahasan, mulai dari kesehatan, filsafat, dan politik.

4. Seni Karawitan

Masih berkaitan dengan budaya Indonesia, ada pula jurusan unik lainnya, yakni seni karawitan.

Karawitan merupakan seni gamelan dan seni suara yang bertangga nada slendro dan pelog yang terkenal di Pulau Jawa dan Bali.

Mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari seni musik tradisional dari penjuru Nusantara. Para mahasiswa berkesempatan menguasai berbagai alat musik tradisional, seperti gamelan, kecapi, gendang, suling, dan sebagainya.

Termasuk belajar teknik vokal dan aransemen musik tradisional, dan menyinden.

Bagi yang tertarik, bisa mendaftar di Institut Seni Indonesia di Denpasar dan Surakarta yang jurusan seni karawitannya telah terakreditasi A.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/08/28/090000471/4-jurusan-kuliah-unik-di-indonesia-tak-ada-di-negara-lain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke