Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Segera Daftar, Vaksin Covid-19 Gratis Usia 18 Tahun ke Atas Warga DKI

KOMPAS.com - Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mempercepat proses vaksinasi Covid-19, keluarga besar alumni tiga sekolah yang dikelola para Suster Ursulin di Jakarta, yaitu Santa Ursula, Santa Theresia, dan Santa Maria, mendirikan Sentra Vaksinasi Serviam atau SVS.

Setelah membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat umum berusia 60 tahun ke atas dan memiliki KTP DKI Jakarta, SVS kini menggelar vaksinasi Covid-19 gratis untuk masyarakat usia minimal 18 tahun.

"Sesuai arahan pemerintah, jadi akseptor kami disesuaikan dengan target pemerintah. Awalnya lansia, kemudian masyarakat disabilitas, kemudian tenaga pendidik, kemudian 50+, baru hari ini kami buka pendaftaran untuk usia 18 ke atas," terang panitia bagian Hubungan Masyarakat SVS, Efika Rosmary, Rabu (9/6/2021).

Program vaksinasi ini menggunakan AstraZeneca dan terbuka untuk masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas yang memiliki KTP elektronik DKI Jakarta atau KTP elektronik non-DKI ber-Surat Keterangan Domisili yang dikeluarkan oleh RT dan RW (cap basah) di wilayah DKI yang menyatakan bahwa penerima vaksin telah berdomisili minimal selama enam bulan di DKI Jakarta.

Pendaftaran vaksinasi berlangsung mulai hari ini, Rabu (9/6/2021), dan akan berlangsung hingga 30 Juni 2021. Setiap hari selama periode tersebut, SVS menyediakan 500 kuota per hari. Pendaftaran dimulai 9 Juni 2021 pukul 10.00 WIB melalui situs web https://www.vaksinasiserviam.com.

Mendapat dukungan penuh dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, SVS menjadi bentuk dukungan dari komunitas pendidikan Ursulin, yang juga melibatkan pihak yayasan, guru, dan karyawan dari tiga sekolah, untuk membantu percepatan program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah yang saat ini sudah memasuki tahap kedua.

Dalam rilis sebelumnya, Ketua Yayasan Satya Bakti yang menaungi Sekolah Santa Ursula Jakarta, Suster Edith Watu, OSU mengatakan, kegiatan ini adalah wujud nyata semangat Serviam (“Aku Mengabdi”) yang menjadi moto komunitas pendidikan Ursulin.

“Ini adalah perwujudan pengabdian kita kepada sesama. Jika kita memiliki lokasi dan fasilitas strategis yang bisa mendukung program pemerintah untuk kesehatan masyarakat, mengapa tidak kita lakukan?” kata Suster Edith dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Sementara itu, Ketua III Yayasan Nitya Bhakti, pengelola Sekolah Santa Maria Jakarta, Suster Korina Ngoe, OSU berharap agar masyarakat terutama lansia bisa memanfaatkan SVS ini untuk memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh dan meminimalkan dampak sosial ekonomi.

“Semoga SVS bisa membantu menurunkan angka penderita dan kematian, serta mendorong terciptanya kekebalan kelompok atau herd community,” kata Suster Korina.

Ketua Umum Panitia SVS Angela Basiroen mengatakan, kegiatan ini juga adalah bentuk bakti alumni untuk almamater dan bangsa di tengah kondisi pandemi saat ini.

“Kami ingin membantu percepatan pemberian vaksinasi bagi masyarakat agar perekonomian Indonesia bisa segera pulih kembali,” tambah Angela.

SVS juga telah bekerja sama dengan pihak Nahdlatul Ulama (NU) dan lembaga sosial milik Keuskupan Agung Jakarta, yaitu Caritas Indonesia dan Lembaga Daya Dharma (LDD), untuk mengoordinasi kelompok masyarakat difabel sebagai penerima vaksin.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa inisiatif membuka akses bagi kelompok masyarakat difabel, seperti para tunanetra tukang pijat keliling, untuk mendapatkan vaksin Covid-19 di SVS patut diapresiasi.

“Di samping itu, ketiga sekolah Ursulin ini memiliki alumni yang jumlahnya ribuan, termasuk kelompok lanjut usia penerima vaksin. Ini, tentunya, bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pemberian vaksin Covid-19 sehingga pencapaian target Kementerian Kesehatan dalam menyalurkan 181 juta suntikan vaksin Covid-19 dalam setahun segera terwujud," ujarnya.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/09/105318671/segera-daftar-vaksin-covid-19-gratis-usia-18-tahun-ke-atas-warga-dki

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke