Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Undip Putuskan Tak Kuliah Tatap Muka di Semester Gasal

KOMPAS.com - Rektor Universitas Diponegoro (Undip), Johan Utama mengatakan, kampus Undip belum akan melakukan kuliah tatap muka atau luring pada semester gasal di Tahun Akademik (TA) 2021/2022.

Hal itu, kata dia, mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang masih perlu diwaspadai.

"Untuk semester depan Undip belum akan melaksanakan kuliah tatap muka, masih daring," ucap dia melansir laman Undip, Selasa (1/6/2021).

Dia mengaku, banyak hal yang menjadi pertimbangan, sehingga Undip masih harus menerapkan kuliah secara online.

Diantaranya, bilang dia terkait jumlah mahasiswanya yang banyak, jumlah jam mengajar dosen yang menjadi berlipat-lipat jika dilakukan secara kuliah tatap muka atau luring, sampai pertimbangan mahasiswa yang harus berada di tempat kos jika kuliah luring dilaksanakan.

Dia mengemukakan, jumlah mahasiswa Undip saat ini mencapai 55 ribu, jumlah yang digambarkannya sama dengan jumlah penduduk di suatu kabupaten yang ada di luar Pulau Jawa.

"Kami bisa menjaga di sini. Di sini bisa diatur. Tapi bagaimana mahasiswa yang ada di kos-kosan, kami harus hati-hati," jelas dia

Dia menguraikan berbagai hal jika harus melakukan kuliah tatap muka.

Yakni, beban mengajar dosen akan naik tiga kali lipat. Hal itu disebabkan pada masa pandemi harus dilakukan pembatasan jumlah mahasiswa yang boleh berada di dalam kelas.

Tiap kelas, lanjut dia, juga harus dibagi dalam tiga bagian.

Artinya, pertemuan yang dilakukan sang dosen yang biasanya mengajar sepuluh kali, maka akan mengajar 30 kali.

Menimbang hal itu, dia khawatir dosen akan mengalami kelelahan hebat kalau kuliah luring dipaksakan.

"Saya khawatir, bukan apa-apa kena Covid, tetapi karena kelelahan beliau para dosen juga bisa terjangkit atau terpapar Covid-19," jelas dia.

Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah kondisi mahasiswa dari luar Semarang yang harus berada di tempat kos, yang bisa jadi satu kamar diisi tiga mahasiswa.

Ruang yang terbatas untuk berkegiatan termasuk makan bersama serta aktivitas lainnya, bisa menjadi mereka rentan tertular Covid-19.

"Karena itu, Undip memastikan kuliah tatap muka belum akan dilakukan pada semester gasal tahun ajaran 2021/2022 yang biasanya dimulai pada bulan juli setiap tahunnya," ungkap dia.

Agar proses pembelajaran daring bisa maksimal, sebut dia, berbagai sarana mulai dari website, email, forum komunitas dan sarana teknlogi informasi lainnya dimaksimalkan pemanfaatannya untuk mendukung pembelajaran yang disebut asinkron daring.

"Metode ini bertujuan menjaga kualitas pendidikan yang diselenggarakan," ucap dia.

Karena itu, dia menambahkan, pimpinan universitas melakukan ikhtiar agar bisa diperoleh keputusan terbaik dalam menghadapi masa pandemi sekarang ini.

"Kami melakukan kajian matang terlebih dahulu dan ikhtiar. Untuk semester depan Undip masih belum melakukan kuliah tatap muka," tukasnya.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/01/195605671/undip-putuskan-tak-kuliah-tatap-muka-di-semester-gasal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke