Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kematian Covid-19 Naik, Epidemiolog UGM: Pemerintah Perlu Evaluasi

KOMPAS.com - Persentase kematian akibat Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan dalam beberapa waktu terakhir.

Menanggapi hal itu, Epidemiolog UGM, Riris Andono Ahmad menyampaikan pemerintah perlu melakukan evaluasi manajemen pengendalian pandemi terutama terhadap kasus kematian akibat Covid-19 di tanah air.

"Perlu evaluasi case manajemen, bottle necknya ada di mana?” ujar dia melansir laman UGM, Senin (17/5/2021).

Melalui evaluasi itu, dia berharap dapat segera diketahui faktor mana saja yang berkontribusi besar terhadap angka kematian akibat Covid-19.

Selanjutnya dapat dilakukan perbaikan secara efektif terhadap faktor penyumbang penyebab kematian akibat Covid-19.

Berdasar data yang dihimpun Satgas Covid-19, pada 15 Mei 2021 angka kematian akibat Covid-19 di tanah air sebesar 2,76 persen yang meningkat dari sebelumnya per Februari 2021 sebesar 2,75 persen.

Sementara, persentase kasus angka kematian akibat Covid-19 di dunia sebesar 2,07 persen.

Riris mengatakan, penyebab pasti kematian akibat Covid-19 tidak bisa diketahui tanpa adanya audit kematian.

Banyak faktor yang bisa memengaruhi hal tersebut, salah satunya misalnya terkait akses layanan kesehatan. Lalu, terkait bagaimana layanan kesehatan mampu mengelola kasus yang ada secara adekuat dan bermutu.

"Sekarang titik letaknya ada di mana? Bisa saja akses pasien Covid-19 berat berasal dari sosial ekonomi menengah ke bawah dan akses layanan kesehatan lebih sulit, sehingga sampai ke layanan kesehatan lambat dan terjadi kematian sangat besar," jelas dia.

Selain itu, juga terkait dengan sistem rujukan. Meskipun saat ini telah ada sistem rujukan, Riris mengatakan sistem yanga ada belum dikondisikan pada situasi pandemi saat ini yang membutuhkan kecepatan penanganan.

Karena tidak adanya sistem rujukan cepat menjadikan layanan terhadap pasien Covid-19 berat berjalan lambat sehingga memperbesar kemungkinan terjadinya kematian.

"Lalu, faktor lain adanya varian baru Coid-19 yang dikabarkan memiliki tingkat penularan lebih tinggi. Namun, ini semua hipotetikal, mana yang memengaruhi secara riil di lapangan belum diketahui secara pasti," ungkap dia.

Untuk menekan angka kasus kematian akibat Covid-19, sebut dia, tidak cukup hanya dilakukan oleh pemerintah dengan mengevaluasi manajemen kasus terhadap kematian akibat Covid-19 di tanah air.

Namun, masyarakat juga diharapkan dapat mengambil bagian dengan displin menjalankan protokol kesehatan dengan mematuhi 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Masyarakat harus tetap menjalankan prokes, 5M, yang menjadi senjata unggulan untuk mencegah Covid-19," pungkas dia.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/05/17/213640471/kematian-covid-19-naik-epidemiolog-ugm-pemerintah-perlu-evaluasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke