Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Subsidi Kuota Gratis, 15 September Batas Akhir Validasi Data Ponsel

KOMPAS.com - Guna menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 7,2 triliun.

Anggaran itu diberikan kepada peserta didik atau siswa, guru, dosen, dan mahasiswa untuk keperluan subsidi kuota internet dalam PJJ.

Adapun subsidi itu diberikan selama empat bulan yang dimulai pada September hingga Desember 2020. Jadi, subsidi kuota internet gratis bakal diberikan mulai bulan September ini.

Batas akhir verval

Meski 11 September 2020 merupakan batas waktu pengisian atau pemutakhiran data nomor telepon seluler (ponsel) siswa dan guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), serta mahasiswa dan dosen di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti).

Namun, untuk proses verifikasi dan validasi (verval) data ponsel, Kemendikbud memberikan batas akhir hingga 15 September 2020.

Melansir akun resmi Instagram Kemendikbud, Sabtu (12/9/2020) per 11 September 2020, berdasarkan data pokok pendidikan (Dapodik) Kemendikbud, tercatat jumlah data nomor ponsel yang sudah terdaftar sebanyak:

a. 21,7 juta nomor dari 44 juta siswa

b. 2,8 juta nomor dari 3,3 juta guru

3. 2,7 juta nomor dari 8 juta mahasiswa

4. 161 ribu nomor dari 250 ribu dosen

Proses verifikasi dan validasi

Setelah data nomor ponsel diinput di Dapodik dan PD-Dikti, tahap berikutnya adalah proses verifikasi dan validasi (verval).

Tentu hal ini untuk memastikan kebenaran nomor ponsel sebagai data dasar penyaluran bantuan.

Pada tahap verval ini, kebenaran nomor ponsel perlu dipastikan oleh kepala sekolah dan pimpinan perguruan tinggi.

Tujuannya untuk memastikan bantuan dimanfaatkan secara optimal dan tepat sasaran dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi Covid-19.

Adapun tahapan yang dilakukan pada proses verval juga melibatkan perusahaan telekomunikasi untuk memastikan bahwa nomor yang didaftarkan tersebut aktif.

Implementasi kebijakan (pemberian kuota internet gratis) ini diharapkan dapat berjalan baik melalui kolaborasi pemerintah dan industri telekomunikasi.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/09/12/131154171/subsidi-kuota-gratis-15-september-batas-akhir-validasi-data-ponsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke