Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sekolah Lawan Corona, Sekolahmu Sediakan Program Belajar Online Gratis

KOMPAS.com - Penetapan virus corona sebagai bencana nasional telah membuat sejumlah daerah di Indonesia "meliburkan" sekolah dan mengganti lokasi kegiatan belajar di kelas menjadi di rumah.

Hingga Senin (16/3/2020), sejumlah wilayah yang telah menerapkan belajar jarak jauh ialah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, serta Jawa Tengah.

Walau begitu, kepala sekolah situs pembelajaran online Sekolahmu, Najelaa Shihab, melalui akun Instragram-nya mengatakan, tinggal di rumah bukan berarti menyerah untuk memberikan kesempatan belajar bagi murid, guru, dan orangtua.

"Virus corona memang telah mendunia, virus corona mengancam kesehatan kita, virus corona membatasi sekolah dan sebagian kegiatannya. Tapi, akankah kita biarkan virus menghentikan proses belajar anak-anak kita?" papar Najelaa.

Demi memfasilitasi pembelajaran dari rumah, platform pembelajaran blended learning Sekolahmu menyatakan kesiapannya berkontribusi dalam penyediaan program belajar berbasis digital secara gratis bagi semua murid, guru, dan orangtua di setiap jenjang pendidikan di Indonesia.

"Dengan pengalaman mengembangkan program berkualitas yang berfokus pada setiap kebutuhan belajar anak, kami siap untuk membawa pengalaman dan pembelajaran tersebut ke platform yang bisa diakses oleh semua anak di tengah kesiagaan kita menghadapi Covid-19 seperti saat ini," terang Najelaa dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (16/3/2020).

Selain menyediakan materi belajar sesuai kurikulum, Sekolahmu juga menyediakan program edukasi terkait wabah SARS-CoV-2 untuk siswa, orangtua, dan guru, yang merupakan hasil kolaborasi Sekolahmu dengan Kemendikbud, Pemprov DKI Jakarta, dan komunitas/organisasi pendidikan.

Program belajar gratis untuk murid, guru, dan orangtua

Program-program yang disediakan melalui Sekolahmu, lanjut Najelaa, telah dirancang dengan sangat baik oleh tim akademik yang berpengalaman dalam menerapkan pembelajaran online yang telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan siswa.

Direktur Sekolahmu Radinka Qiera menambahkan, pembelajaran online ini tak hanya ditujukan bagi semua murid, tetapi juga guru, bahkan orangtua.

"Sekolahmu akan menyediakan kelas-kelas home learning bagi seluruh jenjang dari prasekolah sampai SMA, juga orang tua, sebagai pengganti kegiatan belajar mengajar di sekolah yang akan dikurangi atau ditutup karena Covid-19 secara gratis. Kami juga memfasilitasi sekolah dan guru untuk tetap dapat mengajar sesuai kurikulum yang dibutuhkan secara fleksibel," jelas Radinka.

Melalui program belajar Sekolahmu, sekolah-sekolah di seluruh Indonesia dapat tetap
menyelenggarakan kurikulum pembelajaran melalui www.sekolah.mu dengan cara
menyiapkan materi sendiri dengan bimbingan learning designer.

Sekolah juga dapat menggunakan materi-materi yang disediakan oleh Sekolahmu dan
sekolah mitra Sekolahmu untuk penyelenggaraan proses belajar mengajarnya.

Hingga kini, Sekolahmu telah bekerja sama dengan berbagai macam pihak, seperti pemerintah, komunitas, guru, pakar, sekolah, universitas, dan perusahaan.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/16/154516171/sekolah-lawan-corona-sekolahmu-sediakan-program-belajar-online-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke