Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Menu Sahur Sehat agar Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa

Kompas.com - 02/04/2022, 20:45 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Menu sahur sehat jadi faktor penting agar tubuh bisa tetap fit selama beraktivitas di bulan Ramadhan. Sebab, jika makan sahur secara sembarangan, tubuh malah bisa menjadi lemas hingga membuat aktivitas seharian terganggu.

Menu sahur sehat adalah menu sahur yang memperhatikan kandungan nutrisinya. Asupan nutrisi yang cukup, membuat tubuh bisa fit sepanjang hari meski dalam keadaan berpuasa.

Ketika tubuh dalam kondisi yang prima, aktivitas dan ibadah puasa juga berjalan lebih optimal. Karena itu, penting untuk menentukan menu sahur sehat sebelum memulai berpuasa.

Berikut ini adalah rekomendasi menu sahur sehat yang bisa Anda konsumsi sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Baca juga: 5 Makanan Sehat yang Cocok Jadi Menu Sahur, Bikin Kenyang Lebih Lama

1. Telur

Asupan protein yang cukup penting bagi tubuh agar bisa menjalankan aktivitas seharian. Telur bisa dijadikan pilihan menu sahur sehat karena kaya akan protein.

Tak hanya protein, telur juga mengandung vitamin dan nutrisi yang bisa membuat perut kenyang. Selain itu, telur mudah diolah menjadi beragam jenis makanan, sehingga tidak membuat Anda cepat bosan.

Misalnya, dengan membuat telur dadar sayur lalu memadukannya dengan roti panggang. Bisa juga membuat orak-arik telur dan meletakkannya di atas roti panggang yang sudah dilapisi selai kacang atau almond butter.

2. Oatmeal

Selain protein, kunci agar energi bisa dihasilkan oleh tubuh adalah karbohidrat. Oatmeal bisa dijadikan pilihan menu sahur karena kaya protein dan karbohidrat.

Selain sehat, oatmeal juga cukup praktis dikonsumsi sehingga cocok disantap saat sahur. Oatmeal bisa dikonsumsi dengan cara membuatnya menjadi smoothie sehat dengan tambahan pisang dan susu.

Kombinasi ini akan membuat rasa oatmeal yang hambar menjadi lebih lezat. Kita juga bisa mengonsumsi oatmeal sebagai bubur lalu menambahkan kacang atau selai kacang ke dalamnya.

Baca juga: 5 Menu Sahur yang Menjaga Tubuh Tetap Berenergi Selama Puasa

Ilustrasi oatmeal cokelat dan oatmeal stroberi topping susu kental manisDOK. Northernnester dan Frommybown Ilustrasi oatmeal cokelat dan oatmeal stroberi topping susu kental manis

3. Ayam atau ikan

Seperti telur, ikan juga memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh. Sedangkan daging ayam memiliki nutrisi penghasil energi yang akan memudahkan seseorang yang berpuasa sepanjang hari.

Namun, pilih daging ayam dan ikan yang rendah lemak. Karena itu disarankan agar tidak memasak ikan atau ayam goreng. Makanan yang digoreng membuat tubuh lebih mudah mual dan haus.

4. Buah dan sayuran

Buah dan sayuran menjadi bagian tidak terpisahkan dari menu sahur sehat. Keduanya kaya akan mineral dan vitamin yang membantu seseorang merasa berenergi.

Serat yang terkandung dalam buah dan sayuran juga membantu Anda tetap terhidrasi selama menjalankan ibadah puasa.

Beberapa contoh buah dan sayuran yang cocok dikonsumsi saat sahur adalah semangka, stroberi, persik, jeruk, tomat, mentimun, selada, bayam, dan seledri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com