Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Dibuka, Cek Cara Daftar UTBK-SBMPTN 2022 di Sini

Kompas.com - 26/03/2022, 08:15 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Bagi para lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN), pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 sudah dibuka.

Pendaftaran UTBK-SBMPTN sudah dibuka sejak Rabu (23/3/2022) dan akan ditutup pada 15 April 2022.

Jalur SBMPTN 2022 bisa ditempuh oleh para calon mahasiswa yang belum berhasil lolos masuk ke PTN melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Selain itu, calon mahasiswa yang bisa mengikuti SBMPTN adalah Siswa SMA/sederajat yang lulus pada tahun 2020, 2021, dan 2022.

Sesuai namanya, UTBK-SBMPTN, calon mahasiswa yang memilih jalur SBMPTN akan mengikuti ujian tertulis untuk masuk PTN yang digelar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Dibuka Sore Ini, Simak Cara Daftar UTBK SBMPTN 2022

Ada dua jenis tes seleksi yang diujikan, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Materi TKA sendiri akan dibagi menjadi dua, yaitu rumpun sains dan teknologi (saintek) untuk jurusan IPA serta sosial humaniora (soshum) untuk IPS.

Diterima atau tidaknya peserta bergantung pada hasil ujian tulisnya, berbeda dengan jalur SNMPTN yang tergantung pada nilai rapor.

Pendaftaran SBMPTN 2022

Pendaftaran SBMPTN dilakukan di laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di https://portal.ltmpt.ac.id.

Untuk calon pendaftar UTBK-SBMPTN 2022, peserta harus sudah teregistrasi pada LTMPT dengan menggunakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), dan tanggal lahir. Adapun registrasi telah ditutup pada 17 Maret 2022.

Seperti pada SNMPTN, di jalur SBMPTN, calon mahasiswa bisa memilih lebih dari satu program studi di PTN tertentu ketika mendaftar.

Tangkapan layar unggahan LTMPT yang menginformasikan registrasi akun LTMPT untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022 akan ditutup pada Kamis (17/3/2022) pukul 15.00 WIB.
INSTAGRAM/@ltmptofficial Tangkapan layar unggahan LTMPT yang menginformasikan registrasi akun LTMPT untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022 akan ditutup pada Kamis (17/3/2022) pukul 15.00 WIB.

Cara daftar SBMPTN 2022

Berikut ini adalah tahapan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022:

1. Login akun di LTMPT

Setelah akun LTMPT teregristrasi, langkah selanjutnya adalah melakukan login LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id.

Baca juga: Cara Daftar dan Link Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022

2. Memilih menu verifikasi dan validasi data

Mengisi biodata, unggah pasfoto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata

3. Memilih Menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN

Melengkapi: biodata, memilih Program Studi, mengunggah portofolio, memilih pusat UTBK PTN, dan mendapatkan Slip Pembayaran

Seperti sudah disampaikan sebelumnya, pendaftar diperbolehkan memilih dua prodi pada satu PTN atau masing-masing satu prodi pada dua PTN.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com