Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Semifinal All England 2022: Marcus/Kevin Vs Fikri/Bagas, Ahsan/Hendra Hadapi Pasangan China

Kompas.com - 19/03/2022, 15:00 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia berhasil menempatkan tiga wakilnya di semifinal All England 2022. Ketiganya berasal dari sektor ganda putra.

Tiga pasangan ganda putra Indonesia yang sukses menembus semifinal yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, serta Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Semifinal All England 2022 dijadwalkan berlangsung pada hari ini, Sabtu (19/3/2022), mulai pukul 17.00 WIB. Pertandingan akan dihelat di Utilita Arena Birmingham, Inggris.

Baca juga: Jadwal All England 2022: 3 Wakil Indonesia di Semifinal, Fikri/Bagas Tantang Minions

Perjalanan menuju semifinal All England 2022

Indonesia sebenarnya berpeluang besar menempatkan empat wakilnya di semifinal All England 2022 pada sektor ganda putra.

Namun hal itu urung terjadi setelah ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin harus mengakui keunggulan ganda putra asal China He Ji Ting/Tan Qiang.

Leo/Daniel kalah setelah melalui pertandingan ketat yang berlangsung dalam tiga gim, 21-15, 16-21, dan 14-21.

Sementara itu Marcus/Kevin sukses mengatasi perlawanan ganda putra India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dengan skor 24-22, 21-17. Kemudian Ahsan/Hendra unggul dari ganda putra Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, dua gim langsung 15-21 dan 20-22.

Terakhir ada Fikri/Bagas yang berhasil mengalahkan ganda putra asal Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Fikri/Bagas menang lewat pertandingan ketat melawan ganda putra unggulan ketiga itu dengan skor 21-16, 16-21, dan 20-22.

Baca juga: Rekap Hasil All England 2022: Dominasi Ganda Putra Indonesia Pastikan 1 Tiket Final

Pasangan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri sukses merebut tiket ke babak 16 besar turnamen bulutangkis Indonesia Masters 2021. Tiket itu mereka raih setelah mengalahkan seniornya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.LUKMAN HAKIM NOOR/Dok. Humas PP PBSI Pasangan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri sukses merebut tiket ke babak 16 besar turnamen bulutangkis Indonesia Masters 2021. Tiket itu mereka raih setelah mengalahkan seniornya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Indonesia pastikan satu tempat di final All England 2022

Dengan lolosnya 3 wakil Indonesia ke semifinal All England 2022, itu artinya Indonesia sudah memastikan satu tempat di final turnamen bulu tangkis tertua di dunia tersebut. Pertandingan all Indonesia semifinal terjadi antara Marcus/Kevin melawan Fikri/Bagas.

Di atas kertas, Marcus/Kevin memang lebih diunggulkan karena merupakan ganda putra nomor 1 dunia. Namun, pasangan berjuluk The Minions itu sejauh ini belum bisa menang atas FIkri/Bagas di turnamen resmi.

Pertemuan terakhir dan satu-satunya antara kedua pasangan itu terjadi pada babak 16 besar Denmark Open 2021. Hasilnya, Minions dikalahkan sang junior lewat pertandingan tiga gim 17-21, 21-17, dan 23-21.

Selain itu, performa impresif yang ditunjukkan oleh Fikri/Bagas di sepanjang turnamen All England 2022 ini juga patut diwaspadai oleh The Minions.

Baca juga: All England 2022 - Pujian Pelatih Ganda Putra Indonesia untuk Bagas/Fikri dan Leo/Daniel

Salah satunya adalah pertandingan di perempat final saat Fikri/Bagas mengalahkan pasangan Jepang yang merupakan juara dunia 2021, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Di semifinal lainnya, Ahsan/Hendra akan berhadapan dengan pasangan China, He Ji Ting/Tan Qiang. Laga ini sekaligus menjadi kans Ahsan/Hendra untuk memperbaiki catatan pertemuan kontra He Ji Ting/Tan Qiang.

Sebelumnya, kedua pasangan telah berjumpa sekali di China Open 2018 dan kemenangan diraih oleh kubu tuan rumah. Jika Ahsan/Hendra menang atas He Ji Ting/Tan Qiang, maka All Indonesia Final di sektor ganda putra akan tersaji di turnamen bulu tangkis super 1000 tersebut.

Pasangan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan setelah memastikan tiket semifinal All England 2022 pada Jumat (18/3/2022).Dok. PBSI Pasangan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan setelah memastikan tiket semifinal All England 2022 pada Jumat (18/3/2022).

Jadwal Semifinal All England 2022:

China menjadi negara terbanyak yang menempatkan wakilnya di semifinal All England dengan lima wakil.

Disusul Indonesia dan Jepang dengan tiga wakil. Lalu Korea Selatan, India, Taiwan dengan dua wakil serta Malaysia, Denmark, dan Thailand masing-masing menempatkan satu wakil.

Lapangan 1, Mulai 17.00 WIB

  1. Match 1 (WS): Tai Tzu Ying (1/TAI) vs An Seyoung (4/KOR)
  2. Match 2 (MD): Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (1) vs Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana
  3. Match 3 (WD): Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (KOR) vs Nami Matsuyama/Chiharu Shida (7/JEP)
  4. Match 4 (XD): Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (1/THA) vs Yuta Watanabe/Arisa Higashino (4/JEP)
  5. Match 5 (MS): Lakshya Sen (IND) vs Lee Zii Jia (6/MAS)
  6. Match 6 (WS): Chen Yu Fei (3/CHN) vs Akane Yamaguchi (2/JEP)
  7. Match 7 (MD): He Ji ting/Tan Qiang (CHN) vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (2)
  8. Match 8 (WD): Zhang Shu Xian/Zheng Yu (CHN) vs Tressa Jolly/Gayatri Gopichand Pullela (IND)
  9. Match 9 (XD): Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (3/CHN) vs Zheng Si Wei /Huang Ya Qiong (2/CHN)
  10. Match 10 (MS): Viktor Axelsen (1/DEN) vs Chou Tien Chen (4/TAI)

(Sumber:Kompas.com/Celvin Moniaga Sipahutar | Editor : Tri Indriawati)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com