Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Ahli, Hindari Warna Cat Ini untuk Ruang Tamu

Kompas.com - 13/03/2022, 12:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat mendekorasi ruang tamu, salah satunya adalah warna cat.

Memilih warna cat yang tepat untuk dinding ruang tamu tentu akan berpengaruh bagi kenyamanan para penghuni rumah.

Sebaliknya, ada beberapa warna cat yang tidak boleh digunakan di ruang tamu, seperti merah dan kuning.

Dilansir dari Ideal Home melalui KOMPAS.com, psikolog warna, Lee Chambers mengatakan, ruang tamu seharusnya menjadi tempat bersantai dengan nyaman.

"Ruang tamu menjadi sebuah ruang yang sering digunakan untuk menghabiskan banyak waktu dan mungkin menjadi ruang yang lebih besar daripada ruang lainnya di dalam rumah," kata Chambers.

Baca juga: 7 Trik Membuat Ruang Tamu Sempit Tampak Luas dan Melegakan

Menjadi tempat bersantai, Chambers menganjurkan agar menghindari sejumlah besar warna merah yang intens di ruang tamu.

"Meski warna merah dapat meningkatkan energi dan suasana sosialisasi, tetapi getarannya dapat dengan cepat menjadi berlebihan, menjengkelkan, dan pada akhirnya menghentikan ritme yang menenangkan setelah hari yang panjang," jelasnya.

Selain itu, Chambers juga mengingatkan agar pemilik rumah berhati-hati dengan warna kuning cerah, karena dapat melelahkan mata dan menimbulkan perasaan gelisah sehingga ruang tamu menjadi tempat yang tidak nyaman.

Hindari menggunakan warna terlalu cerah secara bersamaan

Sementara itu, sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (7/3/2022), konsultan warna, Suzy Chiazzari mengatakan bahwa warna dengan kecerahan yang sama harus dihindari untuk ruang tamu.

"Ini (warna cat dengan kecerahan sama) dapat menciptakan efek jungkat-jungkit saat bersaing mendapatkan perhatian di dalam ruangan tersebut," ujar Suzy.

Baca juga: Seprai Warna Putih dan Biru Bisa Ganggu Kualitas Tidur, Ini Alasannya

Suzy menyarankan untuk memadukan warna terang dan gelap di ruang tamu. Suzy menjelaskan, memilih warna untuk ruang hidup harus menjadi upaya bersama.

Ruang tamu adalah ruang bersama dan ruang sosial tempat menghabiskan banyak waktu. Oleh karena itu, menurut Suzy, ketika memilih skema warna, coba hindari warna yang tidak disukai para penghuni rumah.

"Ini akan membuat mereka (para penghuni rumah) merasa tidak diinginkan dan tidak nyaman. Bahkan jika memiliki selera yang sangat berbeda, setiap orang yang ada di dalam rumah harus memiliki pilihan warna," pungkasnya.

(Penulis: Aniza Pratiwi | Editor: Esra Dopita Maret)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com