Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seprai Warna Putih dan Biru Bisa Ganggu Kualitas Tidur, Ini Alasannya

Kompas.com - 05/03/2022, 23:39 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Warna sangat penting dalam lingkungan tidur yang sempurna, tak hanya warna cat dinding namun warna seprai juga penting.

Sementara warna dinding akan memengaruhi pola tidur Anda, warna seprai sama pentingnya untuk istirahat malam yang baik.

Ternyata, dikutip dari Homes & Gardens, Kamis (3/3/2022), seprai putih mungkin menghentikan Anda untuk menikmati tidur nyenyak dan berkualitas.

Warna seprai yang selalu menjadi favorit dapat memengaruhi kemampuan untuk tidur lebih nyenyak.

Dengan demikian, ini saatnya untuk memikirkan kembali ide kamar tidur dan tidur dengan warna seprai baru yang transformatif.

Sementara banyak penelitian menunjukkan bahwa warna netral adalah yang terbaik untuk keseluruhan skema dekorasi kamar tidur, pakar tidur Dorothy Chambers dari SleepJunkie berpendapat sebaliknya untuk seprai.

Baca juga: Ingin Tidur Nyenyak dan Berkualitas? Jangan Pakai Seprai Putih

"Dalam hal seprai, nuansa dalam keluarga kuning, oranye, merah dan hitam adalah yang terbaik, tetapi jauhi putih dan biru (terang)," jelas Chambers.

Alasan seprai putih dan biru tidak boleh untuk tidur

Warna-warna ini diperkirakan memengaruhi kadar melatonin, hormon yang dilepaskan oleh kelenjar pineal di malam hari. Warna-warna ini memiliki pengaruh terhadap melatonin Anda, yang berarti dapat mengontrol siklus tidur-bangun.

"Sebelum Anda mendekorasi ulang, pikirkan tidak hanya tentang bagaimana warna akan terlihat tetapi bagaimana hal itu akan memengaruhi Anda saat tertidur," ujar Chambers.

Neuropsikolog Alexander Burgemeester pun sependapat dengan Chambers terkait warna seprai.

"Meskipun kain dan kualitas seprai penting, warnanya juga penting. Yang terbaik adalah menggunakan seprai berwarna lebih gelap untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik," kata Burgemeester.

Dia merekomendasikan untuk memanfaatkan salah satu tren warna paling populer tahun ini. Menurut dia, seprai abu-abu dan hijau tua adalah alternatif yang bagus untuk memperbaiki pola tidur Anda.

Meski demikian, Burgemeester berpendapat bahwa seprai berwarna cerah sering kali mengganggu dan dapat membuat mata tegang saat Anda melepas lelah.

Baca juga: Kenapa Seprai Harus Diganti Seminggu Sekali? Ini Penjelasannya

Dengan demikian, sebaiknya pilih warna netral yang tidak akan memengaruhi tidur dengan cara yang negatif.

(Sumber: Kompas.com Penulis Sakina Rakhma Diah Setiawan | Editor Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com