Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Final Piala Afrika 2021, Duel Ketat Senegal Vs Mesir

Kompas.com - 06/02/2022, 17:15 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Dalam waktu kurang dari 12 jam lagi, laga puncak Piala Afrika 2021 akan digelar. Dua tim tersisa yakni timnas Senegal dan Mesir akan saling berhadapan untuk berebut gelar juara.

Pertandingan final Piala Afrika 2021 dijadwalkan akan berlangsung di Stadion Olembe, Yaounde, Kamerun, Minggu (6/2/2022) waktu setempat atau Senin (7/2/2022) dini hari WIB.

The Pharaohs (julukan timnas Mesir) sukses melaju ke final usai menyingkirkan tuan rumah Kamerun lewat babak adu penalti.

Baca juga: Final Piala Afrika Senegal Vs Mesir: Laga Puncak Beda Kepentingan

Sementara itu, Senegal berhasil melangkah ke partai puncak usai menyingkirkan Burkina Faso di semifinal dengan skor 3-1.

Hal lain yang membuat pertandingan Mesir melawan Senegal menarik adalah adanya nama Mohamed Salah dan Sadio Mane di masing-masing tim.

Pasalnya, keduanya saat ini merupakan andalan Liverpool di lini depan. Tentunya duel antar rekan satu klub ini sangat menarik untuk disaksikan.

Baca juga: Kata Mane dan Mo Salah Jelang Duel di Final Piala Afrika 2021

Mohamed Salah melakukan selebrasi usai Mesir memenangi laga babak 16 besar Piala Afrika 2021 melawan Pantai Gading di Stadion Japoma, Kamerun, 26 Januari 2021.AFP/CHARLY TRIBALLEAU Mohamed Salah melakukan selebrasi usai Mesir memenangi laga babak 16 besar Piala Afrika 2021 melawan Pantai Gading di Stadion Japoma, Kamerun, 26 Januari 2021.

 

Perjalanan ke final Piala Afrika 2021

Mesir memulai perjalanan di Piala Afrika 2021 dengan tergabung di grup D bersama Nigeria, Sudan, dan Guinea Bissau. Anak asuh Carlos Queiroz itu harus puas lolos dengan status runner-up grup hasil dari 2 menang dan 1 kalah.

Di babak 16 besar, Mesir mengatasi perlawanan Pantai Gading lewat babak adu penalti setelah bermain imbang 0-0 selama 120 menit. Mesir kemudian berhadapan dengan Maroko di babak perempat final.

Dalam pertandingan yang juga berlangsung selama 120 menit itu, Mesir unggul 2-1 lewat gol Mo Salah (53’) dan Mahmoud Ahmed Ibrahim Hassan atau Trezeguet (100’). Selanjutnya di semifinal, mereka mengalahkan tuan rumah Kamerun via babak adu penalti.

Ini akan menjadi laga final kesembilan bagi Mesir di Piala Afrika. Dari 9 final yang dilakoni, Mesir sukses menggondol 7 gelar juara yang merupakan rekor terbanyak di Piala Afrika.

Baca juga: Daftar Juara Piala Afrika dari Masa ke Masa, Mesir Terbanyak

Sementara itu, Senegal lolos ke babak 16 besar dengan berstatus juara grup B dengan raihan 5 poin. Senegal kemudian mengatasi perlawanan Cape Verde di 16 besar dengan skor 2-0.

Di babak perempat final dan semifinal, Senegal sama-sama mengalahkan lawannya dengan skor 3-1. Di perempat final, Sadio Mane dkk menyingkirkan Guinea Equatorial dan di semifinal mengalahkan Burkina Faso.

Sadio Mane saat membela Senegal melawan Cape Verde pada laga babak 16 besar Piala Afrika 2021 di Stadion Kouekong, Kamerun, 25 Januari 2021.AFP/PIUS UTOMI EKPEI Sadio Mane saat membela Senegal melawan Cape Verde pada laga babak 16 besar Piala Afrika 2021 di Stadion Kouekong, Kamerun, 25 Januari 2021.

Laga final nanti menjadi yang ketiga bagi Senegal. Sebelumnya Senegal juga sukses melaju ke final Piala Afrika pada edisi 2002 dan 2019.

Namun, di dua kesempatan final sebelumnya gagal Senegal tuntaskan dengan raihan trofi. Kembali tampil di partai puncak, Senegal berpeluang cetak sejarah meraih juara Piala Afrika untuk kali pertama.

Jadwal final Piala Afrika Senegal Vs Mesir

Pertandingan Senegal melawan Mesir akan berlangsung di Stadion Olembe, Yaounde, Kamerun, Minggu (6/2/2022) waktu setempat atau Senin (7/2/2022) pukul 02.00 dini hari WIB.

(Sumber:Kevin Topan Kristianto | Editor: Kevin Topan Kristianto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com