Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Gejala Omicron pada Orang Dewasa

Kompas.com - 05/02/2022, 09:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Kasus Covid-19 varian Omicron terus meningkat di berbagai negara, termasuk Indonesia, dalam beberapa pekan terakhir.

Masyarakat pun diimbau untuk lebih waspada dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar dapat menekan laju penularan virus Corona varian Omicron.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk lebih mengenal beberapa gejala infeksi varian Omicron.

Gejala Covid-19 varian Omicron disebut lebih ringan pada orang dewasa, bahkan cenderung lebih mirip flu biasa.

Gejala Omicron pada orang dewasa

Dilansir dari University of California Davis Health melalui KOMPAS.com, gejala Covid-19 varian Omicron sangat mirip dengan varian virus Corona lainnya, termasuk varian Delta.

Baca juga: Cara Dapat Paket Obat Gratis untuk Pasien Isoman Covid-19 Omicron

Akan tetapi, gejalanya disebut tidak berat karena salah satunya tidak menyebabkan pneumonia yang membuat pasien harus dirawat di rumah sakit.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (28/1/2022), berikut ini 6 gejala Covid-19 varian Omicron pada orang dewasa yang paling banyak ditemukan:

  • Batuk
  • Pilek
  • Demam
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan

Sementara itu, gejala Covid-19 yang banyak dideteksi pada varian sebelumnya, seperti penurunan fungsi indra penciuman dan perasa, tidak ditemukan pada pasien infeksi varian Omicron.

Oleh sebab itu, infeksi Covid-19 varian Omicron sulit dibedakan dengan batuk pilek biasa jika tidak melakukan serangkaian tes medis.

Baca juga: Jangan Anggap Enteng: Mirip Flu, Ini Gejala Omicron Pada Anak

Profesor dari University of California Davis, Lorena Garcia mengatakan, perbedaan gejala dan tingkat keparahan yang dirasakan pasien infeksi varian Omicron berbeda-beda, bergantung telah vaksinasi atau belum.

Gejala varian Omicron pada pasien yang telah menerima vaksin biasanya cenderung ringan, bahkan tanpa gejala.

Berbeda dengan gejala yang dirasakan pasien varian Omicron yang belum menerima vaksin Covid-19, yang biasanya lebih parah dan perlu mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Virus Corona varian Omicron disebut lebih cepat menular daripada varian lainnya. Pasalnya, varian Omicron lebih mudah menempel pada inang dan lebih cepat bereplikasi.

Selain itu, jumlah virus di dalam darah pasien yang terinfeksi varian Omicron sangat banyak sehingga lebih mudah menular dan menginfeksi orang lain.

(Penulis: Nadia Faradiba)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com