Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaji Wasit Liga 1 Indonesia Tembus Rp 10 Juta per Pertandingan

Kompas.com - 22/01/2022, 10:15 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Dalam sebuah pertandingan sepak bola, tidak hanya pemain di lapangan saja yang punya peranan. Wasit sebagai orang yang memimpin jalannya pertandingan juga menjadi faktor yang sangat penting.

Kinerja wasit bisa sangat berpengaruh terhadap hasil pertandingan. Terkadang wasit bisa melakukan kesalahan hingga membuat hasil pertandingan menjadi kontroversial. Maka dari itu menjadi wasit sepak bola bukan pekerjaan yang mudah.

Di Liga 1 Indonesia misalnya, kinerja wasit dalam beberapa pertandingan tengah menjadi sorotan. Padahal bila dilihat dari segi gaji, gaji wasit Liga 1 Indonesia terbilang cukup tinggi.

Baca juga: APPI Kecam Kekerasan yang Dilakukan Pemain Klub Liga 3 terhadap Wasit

Berapa gaji wasit Liga 1 Indonesia?

Dilansir dari BolaSport.com (1/112021), gaji wasit utama di Liga 1 untuk musim 2021-2022 telah dinaikkan dari musim-musim sebelumnya.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator liga telah menaikkan gaji wasit sebanyak dua kali lipat. Sudjarno selaku Direktur Operasional PT LIB, mengatakan bahwa pada musim 2020 dan 2021 ini gaji wasit sudah dinaikkan dua kali lipat dari gaji sebelumnya.

"Kalau dari 2008 hingga 2019 itu honornya segitu-gitu saja. Tapi 2020 kami naikkan, dan 2021 kami naikkan lagi," ucap Sudjarno.

"Itu konsen Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) dan PT LIB dengan menaikkan gaji wasit. Sejauh kami mampu, gaji wasit lebih kita berikan buat mereka baik yang mimpin di Liga 1 dan Liga 2."

Baca juga: Berapa Gaji Wasit Liga 1 2021-2022?

Pada musim sebelumnya, gaji wasit dipatok Rp 5 juta per laga. Sedangkan untuk musim 2021-2022, Sudjarno menuturkan, gaji wasit Liga 1 mengalami peningkatan sebesar dua kali lipat. Hal itu kata dia, juga dilakukan untuk mengantisipasi agar tak lagi muncul wasit-wasit ‘nakal’.

"Itu jadi bagian untuk antisipasi atau menghindari bahwa wasit harus bertugas baik. Kan sudah kami kasih lebih, jangan sampai melenceng-melenceng," kata Sudjarno.

"Terkait kalau ditanya berapa itu sudah jauh dari lima juta, sudah di atas lagi. Sudah dua kali lipat. Wasit tengah per match lebih dari itu," lanjutnya.

Dengan adanya kenaikan dua kali lipat, gaji wasit Liga 1 2021-2022 mencapai Rp 10 juta per pertandingan.

Namun bukan hanya wasit Liga 1 saja, tetapi wasit Liga 2 juga dinaikkan gajinya. Hal tersebut dilakukan karena PSSI dan PT LIB ingin membangun sepak bola Indonesia lebih bersih dan sehat.

Wasit Steven Yubel Poli mengatur Persik Kediri pada pertandingan pekan 10 Liga 1 2021-2021 melawan Persija Jakarta yang berakhir dengan skor 2-2 di Stadion Monahan Solo, Sabtu (30/10/2021) malam.KOMPAS.com/Suci Rahayu Wasit Steven Yubel Poli mengatur Persik Kediri pada pertandingan pekan 10 Liga 1 2021-2021 melawan Persija Jakarta yang berakhir dengan skor 2-2 di Stadion Monahan Solo, Sabtu (30/10/2021) malam.

Baca juga: Ramai Kontroversi Wasit Liga 1, Ketum PSSI Lakukan Investigasi

"Yang jelas sudah naik, wasit Liga 2 sekarang saja sudah lebih dari wasit Liga 1 sebelumnya," tutur Sudjarno.

Sementara itu Ketua PSSI Mochamad Iriawan dalam Podcast Deddy Corbuzier menyebut, gaji wasit Liga 1 Indonesia yang mencapai Rp 10 juta per laga merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara atau ASEAN.

“Kalau wasit digaji oleh kami, atur PSSI, dulu 3,5 juta, sekarang 10 juta. Di ASEAN paling tinggi, dengan harapan wasit lebih tegas, berintegrasi," tutur Iriawan, dikutip dari berita BolaSport.com Rabu (19/1/2022).

Tentu dengan kebijakan ini diharapkan kinerja wasit menjadi semakin baik ke depannya. Sebab, dengan sepak bola Tanah Air yang bersih makan akan semakin baik dan berkualitas.

(Sumber:Kompas.com/Kevin Topan Kristianto | Editor Kevin Topan Kristianto, BolaSport)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com