Apa Itu Safety Car, Medical Car, dan Zero Car di Arena Balap?

Kompas.com - 22/01/2022, 06:33 WIB
Hujan deras selama tiga jam pada gelaran F1 Belgia yang beralangsung di sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu (29/8) ternyata membawa Max Verstappen tim Red Bull Racing kembali naik podium kemenangan. Honda - Mobil Red Bull Racing Honda Hujan deras selama tiga jam pada gelaran F1 Belgia yang beralangsung di sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu (29/8) ternyata membawa Max Verstappen tim Red Bull Racing kembali naik podium kemenangan. Honda - Mobil

KOMPAS.com - Saat menonton balapan Formula 1, MotoGP, Touring Eropa atau One Make Race, kita sering melihat Safety Car, Medical Car dan Zero Car di sirkuit.

Sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah-istilah kendaraan yang mendampingi peserta balapan itu. 

Artikel ini akan mengulas lebih dalam apa itu Safety Car, Medical Car dan Zero Car

Apa itu Safety Car?

Safety Car atau juga bisa disebut Pace Car, adalah mobil dengan homologasi yang diperuntukkan penggunaan di jalan raya yang dimodifikasi khusus sesuai regulasi Federal International le' Automobile (FIA).

Safety Car bertugas untuk menetralisir jalannya lomba jika sedang ada keadaan darurat, seperti kecelakaan, cuaca hujan dan sebagainya.

Baca juga: Driver Safety Car WSBK Sebut Sirkuit Mandalika Aman dan Kencang

Safety Car mengambil posisi terdepan dan membatasi kecepatan para mobil balap yang sedang berlaga, agar para petugas dapat membersihkan puing, menolong driver yang terluka dengan aman.

Dalam setiap panggung balap di dunia tak terkecuali di Indonesia, adanya Safety Car merupakan bagian dari peraturan resmi yang dikeluarkan FIA sejak tahun 1993.

Masing-masing cabang Motorsport mempunyai Safety Car berbeda. Mobil beserta spesifikasinya tentu saja disesuaikan dengan karakter dari Balapan itu sendiri.

Balapan single seater Formula 1 dan World Endurance Racing (WEC) tentu saja harus diimbangi dengan Safety Car yang kencang seperti Mercedes-AMG GT R dan Porsche 911 Turbo.

Sementara Formula 3 masih cukup dengan Safety Car BMW M2. Bahkan British F3 tahun 2012 pernah punya Safety Car Nissan Juke.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Kompasiana
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.