Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tsunami Terbesar di Dunia, Ada yang Dari Indonesia

Kompas.com - 22/01/2022, 09:15 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Wilayah Tonga di Samudra Pasifik dilanda tsunami besar pada Sabtu 15 Januari 2022 lalu. Tsunami besar ini dipicu oleh letusan gunung berapi bawah laut Hunga-Tonga-Hunga-Ha’apai (HT-HH) di Tonga pada hari yang sama.

Tak hanya di wilayah Tonga, gelombang tsunami akibat letusan gunung berapi bawah laut ini juga berdampak hingga di antaranya Amerika Serikat dan Jepang.

Tsunami sendiri merupakan gelombang air laut besar yang dapat bergerak dengan cepat dan bisa memiliki ketinggian mencapai 30 meter.

Baca juga: Gunung Tonga Terus Dipantau Setelah Letusan Besar Sebabkan Tsunami

Selain letusan gunung berapi, tsunami juga bisa terjadi karena pergeseran lempeng, tanah longsor, dan lain-lain yang memicu pusaran air bawah laut.

Tangkapan layar dari video yang merekam ombak tinggi menerjang wilayah pesisir dan menerjang beberapa rumah di Tonga. Sebuah gunung berapi bawah laut di Pasifik meletus dan memunculkan peringatan tsunami di beberapa negara, termasuk Tonga dan Selandia Baru pad aSabtu (15/1/2022).TWITTER @sakakimoana Tangkapan layar dari video yang merekam ombak tinggi menerjang wilayah pesisir dan menerjang beberapa rumah di Tonga. Sebuah gunung berapi bawah laut di Pasifik meletus dan memunculkan peringatan tsunami di beberapa negara, termasuk Tonga dan Selandia Baru pad aSabtu (15/1/2022).

Tsunami terbesar di dunia

Gelombang tsunami yang menghantam Tonga tentu bukanlah tsunami besar pertama yang terjadi. Terdapat beberapa tsunami besar yang pernah tercatat oleh sejarah. Tidak hanya merusak, tsunami-tsunami besar berikut ini juga memakan korban jiwa yang tidak sedikit.

Dilansir dari Live Science, berikut ini adalah tujuh tsunami terbesar di dunia:

1. Tsunami di Laut Mediterania

Tsunami besar di Laut Mediterania ini terjadi ribuan tahun lalu, diperkirakan sekitar 8.000 tahun yang lalu.

Saat itu, sebuah letusan gunung berapi menyebabkan menyebabkan longsoran di Sisilia, Italia yang menabrak laut dengan kecepatan 321 km per jam. Peristiwa tersebut kemudian memicu tsunami dahsyat yang menyebar ke seluruh Laut Mediterania.

Tidak ada catatan sejarah mengenai peristiwa ini, hanya catatan geologis, namun menurut para ilmuwan memperkirakan ketinggian gelombangnya lebih dari bangunan 10 lantai.

Baca juga: 7 Tsunami Terbesar di Dunia

2. Tsunami di Portugal

Tsunami besar berikutnya masih terjadi di selatan Eropa. Pada 1 November 1755, gempa bumi besar mengguncang sebagian besar wilayah Eropa, tak terkecuali di Lisbon, Portugal yang luluh lantah akibat gempa tersebut.

Tsunami pun menyusul setelah gempa bumi tersebut, begitu pula dengan kebakaran hebat. Peristiwa ini tercatat telah menewaskan lebih dari 60.000 orang.

ilustrasi ledakan supervulkan anak krakatau DOK.ShutterstockShutterstock ilustrasi ledakan supervulkan anak krakatau DOK.Shutterstock

3. Tsunami akibat letusan Krakatau

Letusan Gunung Krakatau pada 27 Agustus 1883 merupakan salah satu bencana alam terbesar yang tercatat oleh manusia. Tidak hanya erupsi gunung yang dahsyat, letusan gunung di wilayah Selat Sunda ini juga memicu tsunami yang sangat besar.

Bahkan tsunami yang dipicu oleh letusan Gunung Krakatau termasuk salah satu tsunami terbesar di dunia. Bencana ini diperkirakan memakan korban jiwa hingga 36.000 orang di Jawa bagian barat dan Sumatera bagian Selatan.

Kekuatan ombak yang begitu besar saat Tsunami ini terjadi mampu mendorong bongkahan karang seberat 600 ton ke tepi pantai.

4. Tsunami di Jepang

Sebagai negara kepulauan, Jepang cukup sering mengalami tsunami. Salah satu yang terbesar terjadi pada 15 Juni 1896. Kala itu gelombang laut setinggi 30 meter menyapu wilayah pantai timur Jepang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com