Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Film yang Tampilkan Karakter Spirit Doll Paling Menyeramkan

Kompas.com - 09/01/2022, 17:35 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Spirit Doll atau boneka arwah kini tengah ramai diperbincangkan. Hal itu lantaran banyak artis Indonesia yang kini mengoleksi boneka dan diperlakukan seperti manusia sungguhan.

Sesuai namanya, spirit doll adalah boneka yang dipercaya memiliki roh di dalamnya. Terlihat menyeramkan memang. Tak heran cerita-cerita mengenai boneka arwah ini juga diadaptasi menjadi sebuah film bergenre horor.

Di antara banyak film yang menampilkan karakter spirit doll, tiga film berikut ini termasuk yang paling menyeramkan. Berikut daftarnya:

Baca juga: 3 Film dengan Spirit Doll Mengerikan, Annabelle Tetap Jadi Juara!

1. Child’s Play

Child’s Play merupakan film yang dirilis pada tahun 1988. Child’s Play menampilkan salah satu karakter boneka arwah terpopuler sepanjang masa, yakni Chucky.

Film ini bercerita tentang teror yang dilakukan oleh sebuah boneka yang telah dirasuki oleh roh jahat. Tak main-main, karena teror yang dilakukan oleh Chucky bisa sampai mengancam nyawa seseorang.

Kepopuleran karakter Chucky ini terlihat dari banyaknya sekuel atau lanjutan dari film Child’s Play. Terakhir film ini di-reboot pada tahun 2019 dengan film berjudul sama. Selain itu, Child’s Play juga diadaptasi ke sebuah serial tv tahun 2021 yang berjudul Chucky.

Dengan tampilan rambut oranye dan baju bergaris-garis, Chucky menjadi mimpi buruk yang sangat menyeramkan.

Karakter boneka Chucky dalam film Karakter boneka Chucky dalam film

2. Annabelle

Selain Chucky, Annabelle juga menjadi salah satu Spirit Doll yang paling dikenal oleh banyak orang.

Pada film berjudul Annabelle yang rilis tahun 2014, diceritakan bahwa kehadiran Annabelle mengundang hal-hal misterius di rumah manusia yang mengadopsinya.

Film ini terinspirasi dari cerita boneka bernama Annabelle yang diceritakan pasangan paranormal, Ed dan Lorraine Warren.

Baca juga: Film-film yang Terinspirasi dari Boneka Annabelle

Kisah bermula pada tahun 1967, John Form (Ward Horron) dan sang istri, Mia (Annabelle Wallis) yang menanti kelahiran anak pertama mereka. John menghadiahi Mia sebuah boneka.
Keanehan mulai terasa saat Mia hendak melapor polisi karena ada kasus pembunuhan yang menimpa tetangga mereka.

Karakter Annabelle sebelumnya sempat muncul pada film The Conjuring yang memang bercerita tentang kehidupan pasangan Ed dan Lorraine Warren.

Meski Annabelle (2014) mendapat respons yang kurang baik dari kritikus-kritikus film, nyatanya karakter boneka menakutkan yang satu ini masih diadaptasi menjadi film-film lainnya.

Sebut saja Annabelle: Creation yang rilis pada tahun 2017. Film ini merupakan prekuel dari Annabelle (2014). Kemudian ada Annabelle Comes Home yang dirilis tahun 2019.

Baca juga: Fenomena Spirit Doll, Ini Sejarah Kepercayaan Boneka Arwah di Tanah Air

3. Poltergeist (1982)

Poltergeist bisa dibilang menjadi salah satu film horor legendaris di Hollywood. Dirilis pada tahun 1982, film ini disutradarai oleh Tobe Hooper dan ditulis oleh Steven Spielberg.

Film ini juga menampilkan sebuah boneka badut dengan tampilan yang menyeramkan. Boneka ini dapat bergerak sendiri dan menakut-nakuti manusia di sekitarnya.

Ia dikenal dengan suara tertawanya yang lantang yang kerap kali digunakan untuk menakuti manusia.

(Sumber:Kompas.com/Sherina Daffa Mayori | Editor: Rheisnayu Cyntara)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com