Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Gaji Shin Tae-yong untuk Melatih Timnas Indonesia?

Kompas.com - 01/01/2022, 12:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Media asal Vietnam, Danviet, pernah melaporkan daftar gaji pelatih sepak bola yang bekerja di Asia Tenggara pada Desember 2020, salah satunya Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong.

Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) memang tidak pernah merilis secara resmi mengenai besaran gaji yang diberikan kepada Shin Tae-yong, namun menurut laporan Danviet, pelatih asal Korea Selatan itu menerima gaji sebesar satu juta dollar AS atau setara dengan Rp14,2 miliar.

Dengan begitu, Shin Tae-yong menerima gaji setidaknya Rp1,1 miliar per bulan. Jumlah tersebut membuat Shin Tae-yong menjadi salah satu pelatih dengan gaji tertinggi di Asia Tenggara.

Gaji yang diterima Shin Tae-yong bahkan disebut lebih besar daripada Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang Seo.

Dikutip dari media Vietnam Tuoitrenews.vn melalui KOMPAS.com, gaji Park untuk melatih Timnas Vietnam hingga 2022 adalah sebesar 50.000 dollar AS (sekira Rp709 juta) per bulan.

Baca juga: Cek Berapa Gaji Youtuber, Ini Cara Perhitungannya

Selain gaji pokok, Park juga menerima sejumlah tunjangan, seperti tempat tinggal pribadi, mobil pribadi, dan tiket pesawat Vietnam - Korea Selatan.

Gaji Shin Tae-yong hampir sama dengan Luis Milla

Sebagaimana diberitakan Kompas.com pada (25/12/2019), Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri menyebut gaji Shin Tae-yong hampir setara dengan pelatih timnas Indonesia sebelumnya, Luis Milla.

"Gaji Shin Tae-yong hampir sama (dengan Luis Milla)," ujar Cucu.

Besaran gaji Luis Milla untuk melatih Timnas Indonesia selama hampir dua tahun adalah sebesar Rp 2 miliar per bulan.

Sementara itu, Shin Tae-yong mendapatkan bayaran sebesar 500 ribu dolar AS atau setara Rp7 miliar ketika melatih Timnas Korea Selatan di ajang Piala Dunia 2018.

Baca juga: Berapa Gaji Polisi Pangkat Bintara, mulai Bripda hingga Aiptu?

Kontrak Shin Tae-yong

Terlepas dari hasil yang didapatkan Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020, sebagian besar masyarakat Indonesia berharap Shin Tae-yong tetap dipertahankan sebagai pelatih.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada (27/12/2021), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali berjanji akan mempertahankan Shin Tae-yong sebagai Pelatih Timnas Indonesia setelah Piala AFF 2020.

Menurut Zainudin Amali, Shin Tae-yong telah menunjukkan peningkatan kualitas Skuad Garuda yang selama ini dilatihnya.

"Saya kira kita sudah membuktikan, anak-anak kita, pelatih, coach Shin Tae-yong dan timnya sudah membuktikan," kata Zainudin Amali.

"Kita akan menjadi tuan rumah FIFA World Cup U20 pada 2023, maka kita tetap butuh pelatih, dan Shin Tae-yong akan tetap menjadi pelatih untuk tim U20 yang bertanding. Shin Tae-yong aman. Saya menjamin itu," tegasnya.

Sementara itu, dikutip dari laman Transfermarkt, Shin Tae-yong dikontrak hingga Desember 2023 untuk melatih Timnas Indonesia.

(Penulis: Nur Rohmi Aida | Editor: Rizal Setyo Nugroho)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com