Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Hindari Kecurangan Petugas SPBU Saat Anda Mengisi BBM

Kompas.com - 21/12/2021, 20:00 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Simak tips menghindari kecurangan petugas SPBU agar peristiwa kecurangan di pom bensin kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, tidak terulang.

Sebelumnya, sebuah video dugaan kecurangan petugas SPBU di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan,viral di media sosial.

Seorang perempuan marah karena membeli BBM Rp 100.000, namun petugas SPBU hanya mengisi 9 liter. Padahal seharusnya, dengan uang sebesar itu, BBM yang diisikan 13 liter.

Video itu viral setelah diunggah akun Instagram @Romansasopitruck. Pemilik akun itu adalah seorang perempuan yang terekam dalam video itu.

Belakangan peristiwa itu terjadi di SPBU 34.152.09. Pihak Pertamina langsung mengambil tindakan tegas.

Baca juga: Viral, Video Wanita Bongkar Kecurangan Petugas SPBU di Bintaro

Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) langsung mengambil tindakan tegas kepada operator SPBU yang diduga curang itu.

Tirto Ginting, Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, mengatakan, pihaknya langsung memberhentikan operator tersebut.

Tirto pun mengucapkan terima kasih kepada pelanggan Pertamina yang sudah menegur dan melakukan laporan pada saat kejadian.

Pihaknya akan terus mengevaluasi dan menindajlanjuti seluruh laporan dari pelanggan Pertamina.

"Pertamina akan terus mengevaluasi dan menerima seluruh laporan yang diberikan oleh masyarakat. Kami sangat berterima kasih atas teguran dan laporannya. Ini menjadi bahan evaluasi kami dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh pelanggan Pertamina," jelas Tirto.

Tips hindari kecurangan petugas SPBU

Berikut tips menghindari kecurangan operator SPBU saat Anda mengisi BBM di pom bensin. Tips ini disampaikan Kepala SPBU Pertamina Cikin dan Pramuka, Paimin, kepada Kompas.com, Senin (12/4/2021).

1. Pastikan meteran dimulai dari nol

Ketika akan mengisi bahan bakar di SPBU, pengendara wajib memastikan petugas sudah memulai meteran dari nol. Meski hampir semua SPBU menerapkan hal tersebut, tidak ada salahnya pembeli lebih teliti dan memperhatikan meteran tersebut. Hal ini untuk menghindari kecurangan.

2. Awasi laju meteran

Meski meteran sudah dimulai dari nol, pembeli sebaiknya tetap mengawasi lajunya meteran SPBU.

“Biasanya akan ada dua display di dispenser, yaitu harga dan liter. Pembeli harus meperhatikan hal itu juga. Biasanya membeli BBM dengan nominal Rp 50.000 seberapa banyak volume yang bertambah,” ujar Paimin.

Hal ini untuk mengamati jika ada praktik kecurangan yang lain.

3. Ketahui kapasitas tangki

Pemilik kendaraan wajib mengetahui kapasitas kendaraannya. Hal ini bertujuan, ketika mengisi bahan bakar hingga penuh, pemilik kendaraan bisa memastikan sesuai dengan kapasitas. Bila tidak sesuai dan menemui kejanggalan, pemilik kendaraan bisa mengadukan hal tersebut ke supplyer bahan bakar.

Baca juga: Petugas SPBU di Bintaro yang Curangi Konsumen Dipecat

 

4. Melapor

“Jika pengendara menemukan aksi kecurangan, segera melaporkan hal tersebut ke pihak Pertamina dengan menghubungi contact centre 135,” kata Paimin. (Sumber: Kompas.com/ Penulis: Aprida Mega Nanda | Editor: Agung Kurniawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com