Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Konsumsi 3 Makanan Sehat Ini Agar Gula Darah Tak Naik

Kompas.com - 07/11/2021, 10:43 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Memantau kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2 menjadi krusial, terutama ketika membicarakan asupan makanan.

Kadar gula darah yang cenderung tinggi ini karena tubuh tak memproduksi cukup banyak insulin yang membantu mengubah makanan menjadi energi.

Untuk itu, penderita diabetes diminta mengelola kadar gula darah untuk mencegah kerusakan pada saraf, ginjal, mata, hingga penyakit jantung.

Menerapkan pola makan sehat dan menghindari makanan tinggi gula menjadi kunci mengelola kadar gula darah tetap di angka normal.

Namun tahukah Anda ada beberapa jenis makanan sehat, yang diam-diam juga dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak naik?

Baca juga: Ketahui, Berapa Kisaran Kadar Gula Darah Normal?

Mengontrol kadar gula darah melalui makanan sehat

Secara umum, makanan olahan tinggi gula dan karbohidrat olahan bisa meningkatkan gula darah.

Maka dari itu, Anda mungkin sudah paham bahwa membatasi atau menghindari makanan tersebut dilakukan supaya mencegah gula darah naik.

Dokter Casey Means, M.D., seorang dokter lulusan Stanford mengatakan, makanan utuh berkualitas tinggi adalah pilihan diet yang bagus untuk menyeimbangkan gula darah.

Hanya saja, ketika berbicara jenis makanan secara spesifik, beberapa makanan sehat sebenarnya berpotensi meningkatkan glukosa atau gula darah Anda juga.

Sebuah makanan bisa dianggap makanan sehat, jika tetap memperhatikan porsi serta kandungan di dalamnya.

Makanan sehat yang meningkatkan kadar gula darah

 

Means menyebutkan tiga makanan sehat yang diam-diam bisa meningkatkan gula darah.

“Bukan berarti Anda harus menghindari makanan sehat ini, tapi sesuaikan dan pastikan kadar gula darah Anda tidak naik setinggi langit,” kata dia.

Baca juga: Diet yang Efektif Turunkan Gula Darah

1. Kacang

Kacang dikenal kaya serat, protein, vitamin, dan mineral penting, tapi siapa sangka pada sebagian orang, kacang bisa menyebabkan gula darah melonjak.

"Saya bisa makan sekaleng kacang, yaitu sekitar empat porsi, dan tidak memiliki respons glukosa. Tapi ada orang lain yang makan kacang dan [glukosa mereka] melonjak melewati batas," kata Means.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com