Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Ikan Ini Bantu Memperpanjang Umur, Rutin Dikonsumsi Warga Zona Biru

Kompas.com - 29/02/2024, 07:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rutin mengonsumsi ikan menjadi salah satu rahasia umur panjang penduduk Zona Biru.

Zona Biru atau Blue Zone populer sebagai kawasan yang dihuni penduduk dengan fisik sehat dan berusia panjang hingga lebih dari 100 tahun.

Blue Zone terdiri dari lima lokasi, yakni Okinawa (Jepang), Ikaria (Yunani), Sardinia (Italia), Nicoya (Kosta Rika), dan Loma Linda (California, Amerika Serikat).

Dilansir dari BBC Good Food, pola makan dan kebiasaan gaya hidup sehat di wilayah-wilayah tersebut membantu penduduknya menikmati usia tua tanpa penyakit.

Selain mengonsumsi bahan pangan nabati, seperti gandum utuh, sayuran hijau, buah, dan kacang-kacangan, mereka juga gemar makan ikan sebagai asupan protein hewani.

Lantas, apa saja ikan yang dapat membantu memperpanjang umur?

Baca juga: 7 Jenis Ikan Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan, Apa Saja?


Jenis ikan yang bantu memperpanjang umur

Studi ilmiah membuktikan, asupan omega 3 berkaitan dengan umur yang lebih panjang karena membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan, kedua masalah kesehatan tersebut merupakan penyebab kematian nomor satu di Indonesia, bahkan dunia.

Tidak hanya asam lemak sehat, ikan juga dikemas dengan vitamin D dan B2, serta protein, kalsium, fosfor, zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium.

Pakar Nutrisi Maya Feller mengatakan, jenis ikan yang dapat membantu hidup lebih lama adalah SMASH, ikan dengan kandungan omega 3 tinggi yang menyehatkan jantung.

Sesuai akronimnya, SMASH terdiri dari salmon, makerel, teri (anchovies), sarden, dan haring. Lima jenis ikan inilah yang kerap dikonsumsi oleh penduduk Zona Biru.

"Tubuh kita tidak bisa memproduksi asam lemak omega 3. Jadi kita harus mendapatkannya dari makanan," jelas Feller, dilansir dari laman Well and Good.

Kadar metilmerkuri yang dapat membahayakan manusia pada ikan SMASH terbilang rendah, sehingga aman dikonsumsi.

Berikut sejumlah ikan yang dapat meningkatkan kesehatan dan memperpanjang usia:

1. Salmon

Dikutip dari laman Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), salmon adalah ikan berlemak yang kaya akan asam lemak omega 3.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com