Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Remaja Putri 17 Tahun Menang Gulat Lawan Tiga Laki-laki dalam Sehari...

Kompas.com - 27/02/2024, 08:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang remaja 17 tahun asal Amerika Serikat bernama Maddie Ripley berhasil memenangkan turnamen gulat melawan tiga laki-laki hanya dalam satu hari.

Maddie mengikuti kejuaraan gulat tingkat SMA di negara bagian Maine, AS dalam kategori pelajar laki-laki pada Sabtu (17/2/2024).

Meski perempuan, dia berhasil mengalahkan tiga lawan laki-lakinya. Ini merupakan kemenangan keduanya secara berturut-turut dalam turnamen gulat tersebut.

Tak hanya kategori gulat laki-laki, siswi Oceanside High School di Maine, AS itu juga menjuarai pertandingan gulat kategori pelajar perempuan.

Baca juga: Profil Lisa Rumbewas, Atlet Angkat Besi Kebanggaan Papua yang Berpulang di Usia 43 Tahun


Rela menambah berat badan

Maddie Ripley mengikuti turnamen gulat nomor kelas berat 113 pon di Rumford, Maine, AS. 

"Tahun lalu ketika saya menang, saya sangat bersemangat. Itu pertama kalinya saya menang. Tahun ini, saya masih sangat bersemangat," kata dia, diberitakan ABC News.

Kemenangan tersebut diraih pada minggu yang sama setelah Maddie memenangkan turnamen gulat divisi putri di kelas berat 107 pon.

Pelatih sekaligus ayah tirinya, Jason Yates mengatakan, Maddie menjadi pionir anak perempuan yang mendalami gulat di seluruh negeri.

Menurutnya, gulat menjadi tren di kalangan anak perempuan AS belakangan ini.

“Hal ini membawa lebih banyak perempuan ke olahraga (gulat) dan semakin banyak atlet yang kita dapatkan, semakin baik prestasi mereka," ujarnya.

Untuk bisa bersaing dalam divisi putra, Maddie rela menambah berat badannya sebanyak tiga kilogram sebagai tanda komitmen dan dedikasinya terhadap olahraga tersebut.

Maddie berharap, prestasi ini dapat memacu semangatnya untuk terus menggeluti olahraga gulat di masa depan. Dia bahkan bercita-cita menjadi juara nasional dan berkompetisi di Olimpiade.

Meski demikian, dia juga ingin mengejar karier profesionalnya di bidang keperawatan.

Baca juga: Profil Megawati Hangestri, Atlet Voli Indonesia yang Tampil Cemerlang Saat Debut di Korsel

Cetak sejarah di tingkat negara bagian

Ilustrasi pertandingan gulat putri.Dok. 2017 Canada Summer Games Ilustrasi pertandingan gulat putri.
Setahun lalu, Maddie Ripley mencatat sejarah sebagai perempuan pertama di negara bagian Maine yang memenangkan turnamen gulat tingkat nasional melawan laki-laki.

Maddie yang mulai menekuni olahraga gulat sejak usia 3 tahun itu memenangi turnamen tersebut saat masih berusia 16 tahun.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com