Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Lengkap Kereta Ekonomi Kursi Tegak, Premium, dan New Generation

Kompas.com - 25/02/2024, 17:00 WIB
Aditya Priyatna Darmawan,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menawarkan kelas ekonomi untuk perjalanan kereta api (KA), yang menjadi pilihan utama sebagian masyarakat.

Sebagian besar masyarakat memilih kereta ekonomi lantaran harga tiketnya yang terbilang terjangkau untuk semua kalangan.

Meski begitu, KAI sendiri mempunyai kelas ekonomi yang menggunakan kursi tegak atau reguler, serta premium, dan new generation.

Lantas, apa saja kereta ekonomi kursi tegak, premium, new generation tersebut?

Baca juga: Alasan Mengapa Kereta Api Tidak Bisa Berhenti Mendadak

Perbedaan kursi tegak, premium, dan new generation

Kelas ekonomi kursi tegak ini memiliki sandaran yang tegak dan saling berhadapan dengan penumpang di nomor kursi belakang atau depannya.

Untuk kereta ekonomi kursi tegak, memiliki kapasitas 80 hingga 106 kursi per kereta, artinya ada yang berformasi 2-2 dan 3-2.

Kemudian, ekonomi premium memiliki kapasitas 80 kursi berformasi 2-2 per kereta, dengan sandaran yang bisa diatur kemiringannya (reclining), terdapat arm rest, dan leg room lebih luas.

Ilustrasi kereta ekonomi premium.Dok. PT KAI Daop VI Yogyakarta Ilustrasi kereta ekonomi premium.
Kursi ekonomi premium ini tidak saling berhadapan layaknya ekonomi kursi tegak. Namun untuk nomor kursi 10 dan 11 yang berada di bagian tengah kereta, akan saling berhadapan.

Sehingga setengah tempat duduk searah dengan laju kereta api dan sebagian lainnya melawan arah atau membelakangi laju.

Sedangkan ekonomi new generation memiliki kursi berjumlah 72 tempat duduk untuk setiap keretanya.

Kursi kereta ekonomi new generation ini menggunakan tipe captain seat yang membuat penumpang semakin nyaman saat bersandar, serta bisa reclining dan disesuaikan searah laju KA atau berhadapan (revolving).

Dengan jumlah kursi yang lebih sedikit dari kelas ekonomi jenis lain, leg room-nya menjadi lebih luas.

VP Public Relations Joni Martinus mengungkapkan, kereta ekonomi new generation sendiri baru saja diluncurkan pada 26 September 2023 yang dirangkaikan dengan KA Jayabaya relasi Pasar Senen-Malang PP.

Nantinya, kata Joni, KAI akan melakukan perubahan kursi kelas ekonomi menjadi new generation. Terbaru, KA Gaya Baru Malam Selatan akan menggunakan kereta ekonomi new generation dalam rangkaiannya.

"Sebagai informasi, keberangkatan mulai tanggal 4 Maret 2024, KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen–Surabaya Gubeng PP, menggunakan rangkaian ekonomi new generation," ucap Joni, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (21/2/2024).

Selain itu, Joni tak menampik kemungkinan jika nanti terdapat perubahan kelas ekonomi sewaktu-waktu untuk menyesuaikan kebutuhan di lapangan dan waktu perawatan masing-masing sarana kereta.

“KAI akan terus memperbanyak modifikasi kereta sehingga semakin banyak sarana kereta api yang ditingkatkan kenyamanannya,” kata dia.

Baca juga: Daftar Terbaru Tarif Khusus Tiket Kereta Api mulai 22 Februari 2024

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com