Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Kura-kura Benci dan Akan Menyerang Obyek Berwarna Hitam, Ini Penjelasan Pakar

Kompas.com - 24/02/2024, 19:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan video yang menarasikan bahwa kura-kura akan menyerang setiap obyek berwarna hitam, ramai di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @catatanspektakuler pada Jumat (23/2/2024).

"Kura-kura sangat membenci warna hitam dan akan menyerang apa saja berwarna hitam," tulis narasi unggahan.

Dalam video memperlihatkan seekor kura-kura yang awalnya biasa saja berdekatan dengan sepatu yang ditutup lapisan putih.

Namun ketika lapisan dikelupas dan warna hitam dari sepatu terlihat, secara tiba-tiba kura-kura itu langsung menyerang dengan cara menubrukkan kepalanya ke sepatu berkali-kali.

Hingga Sabtu (24/2/2024) sore, unggahan tersebut sudah dilihat sebanyak 34.000 kali dan disukai lebih dari 760 pengguna Instagram.

Lantas, benarkah kura-kura membenci warna hitam dan akan menyerang obyek apa pun yang berwarna hitam?

Baca juga: Cerita Pemilik Kura-kura Betina yang Bertelur Tanpa Pejantan


Benarkah kura-kura membenci warna hitam?

Dokter hewan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Slamet Raharjo mengatakan, saat ini belum ada penelitian atau bukti yang menyebutkan bahwa kura-kura membenci dan akan menyerang obyek berwarna hitam.

"Belum ada bukti ilmiah yang valid kalau kura-kura membenci dan menyerang obyek berwarna hitam. Sebab, di alam, di habitatnya, atau di dalam kandang pemeliharaan, banyak terdapat batu hitam atau benda lain berwarna hitam," ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (24/2/2024).

"Dan sejauh ini tidak pernah ketemu kasus kura-kura yang marah atau menyeruduk batu dan benda berwarna hitam," imbuhnya.

Menurut Slamet, kasus kura-kura yang menyerang obyek berwarna hitam dalam unggahan video tersebut kemungkinan karena kura-kura itu sudah dilatih untuk marah atau menyeruduk sepatu berwarna hitam.

Pasalnya, saat sepatu ditutup kertas putih, kura-kura hanya diam, namun saat kertas putih penutup dibuka, kura-kura langsung menyerangnya.

Baca juga: Mengenal Jonathan, Kura-kura Tertua di Dunia Berusia 190 Tahun yang Masih Hidup

Untuk melindungi wilayahnya

Slamet mengungkapkan, kemungkinan lainnya adalah kura-kura itu sedang berusaha mempertahankan wilayah kekuasaannya dari kura-kura lain.

Sebab, kura-kura darat jantan dewasa sangat melindungi teritori dan para betina pasangannya.

"Sehingga, saat ada jantan lain memasuki wilayahnya, maka akan langsung diseruduk diajak duel sampai salah satu kalah," ungkap dia.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com