Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil dan Jejak Kasus Mardani Maming, Terpidana Korupsi yang Terekam CCTV Berada di Luar Lapas

Kompas.com - 20/02/2024, 16:15 WIB
Laksmi Pradipta Amaranggana,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media sosial diramaikan dengan sebuah rekaman video CCTV yang memperlihatkan terpidana kasus korupsi Izin Usaha Pertambangan dan Operasi Produksi (IUPOP) di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimatan Selatan, Mardani Maming diduga sedang berjalan-jalan di luar Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Berdasarkan rekaman tersebut, Maming diduga terekam saat meninggalkan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan akan melakukan penerbangan menuju Kota Surabaya, Jawa Timur, dikutip dari Kompas.com, Senin (19/2/2024).

Selain itu, Mardani juga tampak sedang bercakap dengan beberapa orang lainnya tanpa tangan yang diborgol.

Seharusnya, Mardani Maming sedang mendekam di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat karena menjalani hukuman 12 tahun penjara.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Edward Eka Saputra mengatakan, Mardani sedang menjalani sidang peninjauan kembali (PK) di Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin.

“Berdasarkan Informasi dari Lapas Kelas I Sukamiskin, yang bersangkutan secara resmi menghadiri sidang PK (Peninjauan Kembali) di PN Banjarmasin,” ungkap Edward, dilansir dari Kompas.com, Senin (19/2/2024).

Terpisah, Kepala Lapas Sukamiskin Bandung, Wachid Wibowo juga membenarkan bahwa Maming memang sedang tidak berada di Lapas Sukamiskin.

Sama seperti pernyataan Edward, Wachid menyatakan Mardani memang berada di Banjarmasin untuk melakukan persidangan PK di PN Banjarmasin.

Selain itu, Wachid mengatakan bahwa Mardani sudah mendapatkan persetujuan untuk ke luar kota berdasarkan Penetapan Hakim Ketua Pengadilan Negeri Banjarmasin tertanggal Selasa (6/2/2024).

“Yang bersangkutan diminta untuk hadir dalam persidangan di Banjarmasin pada Senin (19/2/2024) pagi. Karena itu, Minggu malam Pak Mardani diberangkatkan ke Banjarmasin dengan pengawalan ketat," ujar Wachid, dikutip dari Kompas.com, Selasa (20/2/2024).

Ia juga menjelaskan bahwa Mardani harus transit ke Surabaya karena tidak ada penerbangan yang langsung membawanya dari Banjarmasin ke Bandung.

Lalu, siapakah sosok Mardani H Maming? Dan bagaimana rekam jejak kasusnya?

Baca juga: Jadi Tersangka KPK, Ini Profil dan Harta Kekayaan Mardani Maming


Baca juga: Profil Mardani Maming, Jadi Buron KPK hingga Akhirnya Serahkan Diri

Profil Mardani Maming

Bendahara Umum (Bendum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Mardani H Maming ditemui di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (2/6/2022).KOMPAS.com / IRFAN KAMIL Bendahara Umum (Bendum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Mardani H Maming ditemui di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Mardani H Maming lahir di Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan pada 17 September 1981 dan merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Mardani dikenal sebagai salah satu politisi PDI-Perjuangan sekaligus Bendahara Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com