Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar Bocoran Kabinet Prabowo-Gibran, AHY Jadi Menko Polhukam dan Terawan Jadi Menkes

Kompas.com - 20/02/2024, 15:15 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media sosial X diramaikan dengan sebuah poster yang diklaim merupakan daftar menteri calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka jika memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal tersebut diketahui dari unggahan akun @PolJokesID pada Senin (19/2/2024) dan sudah ditayangkan sebanyak 15,5 juta kali.

Dalam daftar itu, tampak beberapa nama yang saat ini menjabat sebagai menteri dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan masuk kabinet Prabowo-Gibran.

Tak hanya itu, petinggi sejumlah partai dan pihak nonpartai yang mengusung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 juga mendapat jatah menteri.

Baca juga: Saat Prabowo Janjikan AHY Posisi Strategis di Pilpres 2019 dan 2024...

Sebut saja Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mendapat posisi Menteri Koordinator (Menko) Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam).

Kemudian, dr Terawan yang pernah menjabat sebagai Menteri Kesehatan di kabinet Jokowi mendapat posisi sebagai Menteri Kesehatan dan Badan Gizi serta Rosan Roeslani ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu).

"Buset belom apa2 udah bocor duluan," tulis pengunggah.

Bahkan, Presiden Joko Widodo dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono turut menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres).

Lantas, benarkah poster itu merupakan calon menteri yang akan mengisi pemerintahan Prabowo-Gibran?

Baca juga: Kedatangan Prabowo ke Pacitan dan Mimpi SBY Naik Kereta Bersama Jokowi-Megawati...

Tanggapan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran

Wakil Ketua Umum PAN sekaligus Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran, Viva Yoga Mauladi mengatakan, pihaknya saat ini belum memikirkan siapa saja yang akan mengisi kabinet.

Sebab, kubu Prabowo-Gibran masih fokus pada pengamanan suara usai Pilpres 2024.

Penentuan nama yang akan mengisi kabinet Prabowo-Gibran menunggu hasil perolehan suara yang resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Soal koalisi partai itu akan ditentukan nanti," ujar Viva ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (20/2/2024).

Viva juga enggan berkomentar lebih jauh terkait benar atau tidaknya Jokowi dan SBY akan menjadi Wantimpres jika Prabowo-Gibran terpilih sebagai presiden dan wakil presiden.

Sebelumnya, Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Drajad Wibowo juga mengeklaim, belum ada pembicaraan secara detail terkait nama-nama menteri yang akan mengisi pemerintahan Prabowo-Gibran.

"Sependek pengetahuan saya, belum ada pembahasan mendetial tentang nama-nama," kata Drajad, Selasa.

Menurutnya, struktur kabinet nantinya akan dibahas oleh Jokowi, Prabowo-Gibran, dan para ketua umum partai koalisi.

Baca juga: Isi Ucapan Selamat PM Inggris ke Prabowo Usai Pilpres 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com