Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Keliru, Ini Beda Hitung Suara, Rekapitulasi, dan Penetapan Hasil Pemilu di Situs "Real Count" KPU

Kompas.com - 15/02/2024, 17:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masyarakat dapat memantau hitung nyata atau real count perolehan suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 melalui situs pemilu2024.kpu.go.id.

Situs pantauan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini memuat data hitung suara, rekapitulasi hasil pemilu, serta penetapan hasil pemilu.

Ketiga menu yang termuat dalam situs merupakan tahapan yang berbeda.

Sesuai jadwal yang ditetapkan KPU, setiap tahapan penghitungan suara dilakukan berjenjang dan bertahap mulai 14 Februari 2024 pukul 13.00 waktu setempat hingga 20 Maret 2024.

Lantas, apa perbedaan hitung suara, rekapitulasi hasil pemilu, serta penetapan hasil pemilu yang termuat dalam situs pemilu2024.kpu.go.id?

Baca juga: Cara Cek Kesamaan Hasil Hitung Suara Pemilu 2024 dengan Form C Hasil-PPWP di Situs KPU dan KawalPemilu


Pengertian hitung suara Pemilu 2024

Hitung suara, rekapitulasi hasil pemilu, dan penetapan hasil pemilu adalah tahapan yang dilakukan setelah pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS).

Merujuk Peraturan KPU (PKPU) Nomor 9 Tahun 2018, pemungutan suara merupakan proses pemberian suara oleh pemilih di TPS dengan cara mencoblos surat suara yang memuat nomor urut, foto, dan nama pasangan calon.

Tahapan ini kemudian dilanjutkan dengan penghitungan suara atau hitung suara, yakni proses penghitungan suara untuk menentukan suara sah yang diperoleh dan suara yang dinyatakan tidak sah.

Baca juga: Kawal Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2024, Klik Pemilu2024.kpu.go.id

Proses hitung suara juga akan menentukan jumlah surat suara yang tidak digunakan serta surat suara yang telah rusak atau keliru coblos.

Penghitungan suara dilaksanakan setelah berakhirnya pemungutan suara di TPS pada pukul 13.00 waktu setempat.

Berdasarkan PKPU Nomor 3 Tahun 2022, penghitungan suara Pemilu 2024 digelar selama kurang lebih dua hari, 14-15 Februari 2024.

Masa dua hari untuk penghitungan suara ini berlaku di TPS dengan dihadiri pengawas pemilu, saksi peserta pemilu, pemantau pemilu, dan masyarakat.

Baca juga: Alur Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 di TPS

Rekapitulasi hasil pemilu hingga KPU pusat

Ilustrasi rekapitulasi suara Pemilu 2024iStockphoto/Abudzaky Suryana Ilustrasi rekapitulasi suara Pemilu 2024

Jika hitung suara di tingkat TPS telah selesai, tahapan akan berlanjut ke proses rekapitulasi hasil penghitungan suara atau rekapitulasi hasil pemilu.

Rekapitulasi hasil pemilu adalah proses penjumlahan hasil penghitungan suara pasangan calon presiden-wakil presiden, suara partai politik, dan calon legislatif DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan calon perseorangan DPD.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com