Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hampir 100 Warga AS Meninggal akibat Badai Salju Ekstrem, Bencana Susulan Masih Mengancam

Kompas.com - 23/01/2024, 14:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badai salju ekstrem yang melanda Amerika Serikat sepanjang Januari 2024 menyebabkan hampir 100 warga meninggal dunia.

Dikutip dari Layanan Cuaca Nasional (NWS) AS, warga mengalami beberapa kali badai salju di musim dingin sejak 7 Januari 2024. Mereka terjebak di antara hujan es, salju, angin kencang, dan suhu dingin ekstrem.

Badai salju dan kondisi suhu dingin yang terus terjadi menyebabkan puluhan warga di beberapa negara bagian AS meninggal dunia.

Pemerintah setempat bahkan mengumumkan keadaan darurat di beberapa negara bagian akibat kondisi ini.

Baca juga: Saat Hujan Salju di Jerman Bekukan Pesawat dan Lumpuhkan Bandara..


Hampir 100 orang jadi korban

Badai salju ekstrem yang melanda AS sepanjang Januari 2024 menyebabkan lebih dari 90 orang meninggal di berbagai negara bagian.

Diberitakan BBC, Senin (22/1/2024), setidaknya 25 orang meninggal dunia di Tennessee dan 16 orang lainnya meninggal di Oregon.

Puluhan ribu orang yang masih bertahan tinggal di sana tanpa aliran listrik. Dua negara bagian itu masih berada dalam keadaan darurat usai dilanda badai es yang parah.

Sebanyak 92 orang tercatat meninggal di seluruh negeri selama seminggu terakhir akibat kondisi cuaca ekstrem.

Selain di Tennessee dan Oregon, korban jiwa juga dilaporkan ada di Mississippi, Illinois, Pennsylvania, Washington, Kentucky, Wisconsin, New York, New Jersey, dan beberapa negara bagian lain.

Korban meninggal tidak hanya diakibatkan badai salju, namun juga kecelakaan yang terjadi akibat kondisi cuaca ekstrem.

Tiga orang di Portland, Oregon meninggal tersengat listrik saat angin kencang menjatuhkan kabel listrik dan menimpa kendaraan mereka. Untungnya, seorang bayi di dalam kendaraan selamat.

Satu warga Kentucky meninggal dalam kecelakaan yang melibatkan lima mobil sementara empat orang meninggal kecelakaan di Illinois.

Selain itu, kebanyakan korban jiwa berasal dari tunawisma. Ini termasuk lima warga Seattle yang meninggal hanya dalam kurun waktu empat hari.

Baca juga: Saat Air Terjun Raksasa Niagara Membeku Diterpa Badai Salju Ekstrem...

Bencana lain ancam warga

Kondisi badai salju di negara bagian Carolina Utara, Amerika Serikat. (Twitter/NC Highway Patrol) Kondisi badai salju di negara bagian Carolina Utara, Amerika Serikat. (Twitter/NC Highway Patrol)
Tidak hanya disekap suhu dingin, cuaca ekstrem juga membuat warga AS mengalami berbagai kesulitan dalam kesehariannya.

Aliran listrik putus di berbagai wilayah AS sehingga puluhan ribu orang tidak mendapatkan aliran listrik. Tercatat 45.000 orang tidak dapat listrik di Oregon. Pemadaman juga terjadi di Pennsylvania, California, New Mexico, dan Indiana.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com