Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspresi Prabowo Singgung Anies Beri Nilai 11 dari 100 Saat Debat Capres

Kompas.com - 10/01/2024, 15:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan memberikan nilai 11 dari 100 terkait kinerja Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di bawah Prabowo Subianto.

Hal itu diungkapkan Anies dalam debat capres ketiga pemilihan presiden (Pilpres) 2024 di Istora Senayan, Jakarta pada Minggu (7/1/2024).

Anies sebelumnya meminta capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo memberikan nilai untuk kinerja Kemenhan. Ganjar diketahui pernah memberi nilai 5 untuk kinerja penegakan hukum di Indonesia 

"Berapa skor yang Bapak berikan atas kinerja Kementerian Pertahanan yang dipimpin oleh Bapak Prabowo?" tanya Anies.

Anies nilai Prabowo 11 dari 100

Menanggapi pertanyaan Anies tersebut, Ganjar lalu menyebutkan dia juga memberi Kemenhan nilai 5 berdasarkan data yang dimiliki.

Selanjutnya Ganjar balas menanyakan berapa nilai yang Anies berikan kepada kinerja Kemenhan di bawah Menhan Prabowo Subianto.

"11 Mas dari 100," balas Anies.

Baca juga: Ini Kata Ganjar dan Anies soal Jokowi Minta Debat Pilpres Tak Menyerang Personal


Respons Prabowo diberi nilai 11

Prabowo Subianto merespons penilaian kinerja Kemenhan yang diberikan Anies Baswedan.

Prabowo mengungkapkan responsnya saat berpidato di acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) Umat dan Ulama Jaringan Santri Indonesia (JSI) di Palembang, Sumatera Selatan pada Selasa (9/1/2024)

"Korupsi harus kita hilangkan dari bumi Indonesia, dan bagi mereka-mereka yang sok pinter. Ada yang mau kasih saya nilai 11 dari 100," ujar Prabowo, dikutip dari Kompas TV (10/1/2024).

Prabowo mengungkapkan hal tersebut sambil mengusapkan tangannya ke arah mata seperti orang yang sedang menyeka air matanya.

Pernyataan Prabowo itu lantas disambut tempik sorak para pendukungnya. Mereka langsung riuh dan mengelu-elukan nama Prabowo.

"Saya sebagai anak Betawi. Saya jawab, emang gue pikirin apalagi dari ente. Kalau dari ente mah, sori ye. Saya lebih takut dengan rakyat Indonesia," serunya lagi.

Di hadapan pendukung dan relawannya di Palembang, Prabowo mengaku tidak peduli pada penilaian Anies atas kinerja Kemenhan tersebut.

Dia justru meminta masyarakat Indonesia sendiri yang memberikan penilaian terhadap lembaga kementerian yang dipimpinnya.

"Rakyat Indonesia, silakan Anda beri nilai kepada saya," ujar Prabowo.

Diketahui, Prabowo tengah melakukan kunjungan ke beberapa daerah di Pulau Sumatera. Palembang menjadi salah satu kota yang dia kunjungi.

Sebelumnya, Prabowo juga mendatangi Kota Pekanbaru di Provinsi Riau dan Kota Jambi di Provinsi Jambi.

Baca juga: Debat Ketiga Capres-Cawapres: Dikritik Jokowi, Dipuji Maruf Amin

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com