Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Gabriel Attal, Perdana Menteri Termuda Perancis yang Berusia 34 Tahun

Kompas.com - 10/01/2024, 12:15 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sosok Gabriel Attal menjadi sorotan usai ditunjuk menjadi perdana menteri oleh Presiden Perancis Emmanuel Macron, Selasa (9/1/2024).

Gabriel Attal menjadi perdana menteri termuda pertama Perancis dengan usianya yang masih  34 tahun.

"Presiden republik menunjuk Gabriel Attal sebagai perdana menteri dan menugaskannya untuk membentuk pemerintahan,” tulis pernyataan Kantor Kepresidenan Perancis, dilansir dari France24.

Attal menjadi perdana menteri Perancis menggantikan Elisabeth Borne yang mengundurkan diri setelah menjabat selama 2 tahun pada Senin (8/1/2024).

Dalam pidato pertamanya di Istana Kepresidenan Perancis kemarin, Attal menyampaikan tiga prioritas kerja selama masa jabatannya, yakni lapangan kerja, keterbukaan perekonomian untuk menyederhanakan prosedur bisnis, dan fokus terhadap generasi muda.

Lantas, siapa itu Attal dan seperti apa sosoknya?

Profil Gabriel Attal

Gabriel Attal adalah pria yang lahir di pinggiran selatan Clamart, Perancis pada 1989. Dia memiliki nama lengkap Gabriel Attal de Couriss.

Ayahnya, Yves Attal, merupakan seorang produser film sukses keturunan Tunisia-Yahudi yang meninggal dunia pada 2015.

Sementara ibunya, Marie de Couriss, juga bekerja di industri film dan berasal dari keluarga Kristen Ortodoks dari Odesa, sebagaimana dikutip dari France24.

Attal dibesarkan di Paris bersama dengan tiga adik perempuannya.

Dia menghabiskan studinya di École Alsacienne, sebuah sekolah swasta di jantung kota Paris. Attal merupakan lulusan universitas bergengsi Sciences Po, dan memperoleh gelar master di bidang hubungan masyarakat.

Menginjak usia 17 tahun, Attal bergabung dengan Partai Sosialis dan mendukung calon presidennya, Ségolène Royal, pada pemilihan presiden 2007.

Baca juga: Mengintip Kehidupan Landais, Desa Unik yang Dihuni Orang-orang Pikun di Perancis.

Rekam jejak karier Gabriel Attal

Karier Attal terbilang pesat. Dia hanya membutuhkan waktu satu dekade untuk naik jabatan dari anak magang di kementerian kesehatan menjadi Perdana Menteri Perancis.

Karier Attal berawal ketika dirinya ditawari bekerja oleh menteri kesehatan saat itu, Marisol Touraine pada 2012 dan menjadi karyawan penuh di usia 23 tahun.

Pada 2016, Attal menjadi orang pertama yang meninggalkan Partai Sosialis dan bergabung ke Partai En Marche. Setahun kemudian, dirinya terpilih menjadi Majelis Nasional Perancis.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com