Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Gagasan Anies, Prabowo, dan Ganjar soal Keamanan Siber di Indonesia...

Kompas.com - 08/01/2024, 16:15 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Isu keamanan siber menjadi salah satu topik yang dibicarakan oleh ketiga calon presiden (capres) dalam debat capres-cawapres untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Minggu (7/1/2024).

Sebagai informasi, debat ketiga capres-cawapres tersebut dihadiri oleh semua capres, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Tema yang diangkat dalam debat tersebut adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Lantas, bagaimana rencana ketiga capres dalam membangun keamanan siber untuk Indonesia di masa depan?

Baca juga: Beda Sikap Anies, Ganjar, Prabowo soal Palestina di Debat Ketiga Pilpres 2024


Membuat sistem komprehensif

Soal keamanan siber, capres nomor urut 1 Anies Baswedan menegaskan perlunya sistem pertahanan siber yang lebih komprehensif.

Capres nomor urut satu Anies Baswedan menyampaikan pandangannya saat debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. ANTARA FOTO/Aditya Pradana PutraANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra Capres nomor urut satu Anies Baswedan menyampaikan pandangannya saat debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

"Perlu sekali kita membangun satu struktur pertahanan cyber yang serius dan ini tidak cukup dengan memberikan tugas pada sekelompok orang," ujar dia dalam debat capres, Minggu (7/1/2024).

Menurut Anies, seluruh lembaga dan komponen masyarakat akan dilibatkan dalam membentuk sistem ini.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menginginkan adanya pengadaan teknologi baru yang dapat digunakan dengan melibatkan semua orang.

"Yang ketiga yang tidak kalah penting adalah mekanisme untuk merespons balik, apabila terjadi kondisi serangan," lanjut dia.

Anies menyatakan, mekanisme ini diperlukan agar Indonesia bisa memiliki kecepatan untuk memperbaiki sistem, ketika terjadi serangan-serangan siber.

Di sisi lain, dia tidak memungkiri sumber daya manusia yang baik dibutuhkan untuk mengatasi serangan siber. Meski begitu, perlu ada sistem yang memastikan upaya pertahanan siber dilakukan.

"Segera siapkan sistemnya, segera siapkan orangnya, segera siapkan langkahnya," imbuhnya.

Baca juga: Drama Debat Ketiga Pilpres 2024: Ganjar Sebut Prabowo Tak Siap Debat, Prabowo-Anies Tak Salaman

Tekankan pentingnya SDM

Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (kiri) menyampaikan pendapat saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (kiri) menyampaikan pendapat saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.
Sementara itu, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto lebih menekankan perbaikan sumber daya manusia untuk memperkuat keamanan siber.

"Yang nyata tentang masalah AI (artificial intelligence), cyber, teknologi tinggi, dan sebagainya adalah sumber daya manusianya, awaknya," katanya.

Selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan, ia mengaku telah membentuk empat fakultas baru di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com