Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grace Natalie Datangi Meja Moderator Saat Jeda Debat Ketiga Pilpres 2023, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 08/01/2024, 13:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan video yang memperlihatkan Grace Natalie menghampiri meja moderator saat jeda iklan pada siaran langsung Debat Ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1/2024) malam, viral di media sosial.

Unggahan tersebut beredar luas di media sosial. Salah satunya diunggah oleh akun Instagram @undercover.id Minggu (7/1/2024).

"Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Grace Natalie menghampiri moderator debat ketiga Pilpres 2024 pada saat jeda iklan," tulis unggahan.

Dalam video tersebut, Grace terlihat mendatangi meja moderator debat bersama dengan Isyana Bagoes Oka. Selain itu, ia juga terlihat sedang berbincang sebentar dengan kedua moderator tersebut.

Hingga Senin (8/1/2024) siang, unggahan tersebut telah disukai debanyak 21.800 kali dan mendapatkan 2.000 komentar dari warganet.

Baca juga: Drama Debat Ketiga Pilpres 2024: Ganjar Sebut Prabowo Tak Siap Debat, Prabowo-Anies Tak Salaman


Baca juga: Respons 3 Capres Usai Debat: Anies dan Ganjar Tolak Ajakan Ngopi, Prabowo Kecewa

Penjelasan Grace Natalie

Saat dikonfirmasi, Grace Natalie mengatakan, saat itu ia bersama Isyana Bagoes Oka sedang mempertanyakan terkait tindakan para pendukung yang dianggap dapat mengganggu konsentrasi ketiga pasangan calon (paslon).

"Kami mempertanyakan, apa boleh pendukung yang duduk di belakang moderator, setiap paslon menjawab, mengacungkan tangan mereka tinggi-tinggi setiap ada paslon yang berbicara," ujar Grace, ketika dihubungi Kompas.com, Senin.

"Jadi (tindakan itu) pasti terlihat sangat jelas oleh setiap capres yang sedang berusaha menjawab pertanyaan dari panelis," sambung dia.

Ia mengkhawatirkan, hal itu dapat mengganggu konsentrasi semua paslon, dan bukan hanya ditujukan untuk kepentingan Prabowo Subianto.

"Karena pasti tertangkap mata paslon. Itu ada dalam sudut pandang mata paslon, persis di belakang moderator," terang dia.

"Waktu jawab cuma 2 menit, jadi harus fokus dan berpikir. Gestur mengangkat tangan tinggi-tinggi itu berpotensi mengganggu konsentrasi dari semua capres yang sedang berusaha menjawab pertanyaan dengan waktu yang sangat singkat," kata dia.

Baca juga: Ini Jawaban Prabowo dan Anies soal Tidak Bersalaman Usai Debat

Grace mengaku telah berkomunikasi dengan LO

Grace mengatakan, Isyana juga telah merekam semua gestur tersebut sebagai bukti dan menunjukkannya kepada moderator.

"Kami sudah berkomunikasi melalui liaison officer (LO) dan KPU. Dan di saat bersamaan di tengah jeda iklan. Saya bersama dengan Isyana Bagoes Oka bertanya dengan moderator apakah gestur seperti itu diperbolehkan atau tidak," ungkap Grace.

"Dan kami juga membawa video, sebagai alat bukti bahwa perbuatan tersebut dilakukan oleh para pendukung yang berada persis di belakang tempat duduk moderator," ujar dia.

Selain itu, pihaknya juga mempertanyakan keamanan dari penyelenggara debat lantaran tidak menegur tindakan-tindakan yang dapat mengganggu capres saat debat tersebut.

Baca juga: Pemilu 14 Februari 2024 Hari Libur Nasional, KPU: Agar Partisipasi Pemilih Optimal

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com