Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons 3 Capres Usai Debat: Anies dan Ganjar Tolak Ajakan Ngopi, Prabowo Kecewa

Kompas.com - 08/01/2024, 10:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tiga calon presiden (capres), Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo telah melaksanakan debat capres ketiga yang berlangung di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024).

Debat yang berlangsung selama 120 menit itu membahas isu tentang pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Isu tersebut sempat membuat suasana perdebatan memanas. Baik, Anies, Prabowo, maupun Ganjar saling menyerang dengan melontarkan pertanyaan.

Lantas, bagaimana tanggapan tiga capres usai debat sesi ketiga itu?

Baca juga: Anies Sebut Prabowo Punya Lahan 340.000 Hektare Saat Debat Capres, Berikut Ini Faktanya

Respons Anies, Prabowo, dan Ganjar usai debat

Setelah sesi debat berakhir, tiga capres bersama dengan cawapresnya mendapat kesempatan untuk jumpa pers.

Berikut Kompas.com merangkum respons tiga capres-cawapres terkait performa mereka setelah debat:

1. Anies kritik Prabowo saat jadi Menhan

Selama debat berlangsung, Anies berkali-kali mengkritik kepemimpinan Prabowo selaku Menteri Pertahanan (Menhan) yang telah menjabat selama 4 tahun.

Banyak hal yang disorotinya, mulai dari kepemilikan tanah Prabowo, pengadaan alutsista bekas, standar etik pemimpin, dan skor kinerja Prabowo sebagai Menhan.

Menurut Anies, pernyataannya yang bertentangan dengan Prabowo bukan karena persoalan pribadi, melainkan karena keselamatan bangsa. Dia beberapa kali menegaskan bahwa perdebatan malam itu terjadi bukan karena unsur pribadi

"Ini bukan antar pribadi. Ini adalah soal keselamatan dan keamanan bangsa. Karena itulah kita sampaikan fakta-fakta terkait perubahan," kata dia, dikutip dari siaran langsung Youtube Kompas.com.

Anies dan Prabowo sempat berada dalam satu kubu saat Partai Gerindra yang diketuai Prabowo mengusung Anies maju dalam pilkada Gubernur DKI pada 2017.

Dalam sesi debat, Anies juga beberapa kali diajak ngopi dan duduk berdua bersama Prabowo untuk membahas soal data yang disampaikannya sepanjang debat.

Namun, ajakan tersebut tidak ditanggapi oleh Anies. Dia bahkan menolak ajakan untuk ngopi bersama dengan Prabowo. Sebaliknya, dia justru menantang Prabowo untuk menjelaskan data di forum secara terbuka agar dapat diketahui publik.

"Ini bukan antar pribadi. Jadi saya ingin garis bawahi, ini bukan ngopi bareng dan ditunjukin data. Keterbukaan di dalam menyampaikan pendapat itu penting dan transparansi itu diwujudkan bukan dalam bentuk kata-kata," kata Anies.

Terkait soal pernyataan Anies soal kepemilikan lahan 340.000 hektar milik Prabowo dan pengadaan alutsista bekas, Anies menyampaikan supaya para ahli ikut berkomentar dan menilai pernyataan tersebut.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com