Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Menyiapkan Tampilan Baru untuk Versi Webnya, Seperti Apa?

Kompas.com - 30/12/2023, 16:00 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Pada Desember 2023, WhatsApp memperkenalkan banyak pembaruan menarik, salah satunya adalah tampilan terbaru untuk versi web.

Sebagai salah satu aplikasi perpesanan yang populer, WhatsApp terus berinovasi dengan menghadirkan fitur-fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Dilansir dari laman WA Beta Info, WhatsApp secara aktif berupaya memperkenalkan warna latar belakang baru untuk tema gelap versi webnya.

Ini bersamaan dengan sidebar baru yang diubah dan dirancang untuk mengurangi ketegangan mata dalam kondisi cahaya redup.

Baca juga: Cara Buat Avatar WhatsApp dari Foto Selfie, Kirim Pesan Jadi Lebih Ekspresif


Disebutkan bahwa, interface baru sedang dalam pengembangan dan akan tersedia pada pembaruan mendatang.

WhatsApp menghadirkan warna latar belakang baru yang khusus dirancang untuk tema gelap, dan akan tersedia dalam pembaruan mendatang untuk beberapa penguji beta.

Tampilan ini disebut sangat bermanfaat dalam lingkungan dengan cahaya redup, transisi warnanya menghasilkan perubahan yang halus namun dapat mengurangi ketegangan pada mata.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Baru, Pengguna Bisa Dengarkan Musik Bersama

Untuk saat ini, tampilan baru WhatsApp web sedang dalam pengembangan.

Di sisi lain, WhatsApp juga berupaya untuk menghadirkan antarmuka yang lebih modern ke pengguna web, sehingga memberikan pengalaman pesan yang lebih baik.

Hal itu diwujudkan dalam bentuk sidebar baru untuk WhatsApp web. Meskipun fitur ini masih dalam tahap pengembangan.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Chat Penting di WhatsApp dengan Fitur Kode Rahasia

Sidebar baru WhatsApp web

Ilustrasi tampilan sidebar baru WhatsApp web.Wabetainfo.com Ilustrasi tampilan sidebar baru WhatsApp web.

Dilansir dari laman Android Headlines, WhatsApp versi web akan mendapatkan sidebar baru, yang terlihat mirip dengan WhatsApp di versi Windows.

Tampilan WhatsApp web akan memiliki bilah di bagian samping dengan beberapa ikon yang memungkinkan Anda menavigasi ke bagian menu lain.

Perubahan ini juga akan membuat WhatsApp lebih konsisten di seluruh platformnya. Namun, belum diketahui kapan WhatsApp akan meluncurkan pembaruan tersebut ke publik.

Baca juga: Cara Aktifkan Kunci Layar di WhatsApp Web agar Pesan Tak Mudah Diintip

Sidebar ini akan menawarkan kemampuan navigasi yang lebih baik kepada pengguna karena menyediakan cara yang jelas dan terorganisir untuk berpindah melalui berbagai bagian WhatsApp web.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, saat ini WhatsApp berencana memperkenalkan tab berupa: Obrolan, Status, Saluran, Komunitas, Arsip, dan Pesan Berbintang.

Sama seperti tampilan gelap sebelumnya, fitur sidebar baru untuk WhatsApp web ini sedang dalam pengembangan dan akan dirilis pada pembaruan WhatsApp Web di masa mendatang.

Baca juga: WhatsApp Desktop Khusus MacOS Resmi Dirilis, Bisa Video Call lewat MacBook

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Benarkah Tombol Blokir di WhatsApp Merupakan Phising?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com