Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Sepanjang 2023, Termasuk Thom Haye

Kompas.com - 29/12/2023, 14:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pemain sepak bola telah menjalani proses naturalisasi sepanjang 2023 agar bisa bergabung bersama tim nasional (timnas) Indonesia.

Terbaru, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengungkapkan, Thom Jan Marinus Haye atau Thom Haye tengah menjalani proses menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Dikutip dari laman resmi PSSI, Thom Haye telah berada di Indonesia sejak Kamis (28/12/2023).

"Senang akhirnya bisa tiba di Indonesia. Ya, memperkuat timnas Indonesia akan menyenangkan dan itu akan terjadi. Saya hanya perlu menjalani prosesnya saja. Saya masih percaya diri hal itu akan terjadi," kata Thom Haye.

Selanjutnya, Thom Haye akan menjalani proses naturalisasi dengan proses wawancara bersama Badan Intelijen Negara (BIN) serta kedutaan, menjalani tes kesehatan, dan menerima kunjungan dari perwakilan kedutaan besar negara asalnya, Belanda.

Sebelumnya, sederet pemain asing lainnya telah lebih dulu menjadi WNI melalui naturalisasi bersama PSSI.

Baca juga: Profil Rafael Struick, Pemain Naturalisasi yang Debut Saat Indonesia Vs Palestina


Baca juga: Ribuan WNI di Malaysia Terancam Kehilangan Kewarganegaraan, Apa yang Terjadi?

Daftar pemain naturalisasi 2023

Berikut daftar pemain bola yang telah menjadi WNI usai proses naturalisasi sepanjang 2023:

1. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama mencium bendera Merah Putih seusai mengucap sumpah janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta pada Selasa (24/1/2023) sore WIB.BOLASPORT.com/Muhammad Alif Shayne Pattynama mencium bendera Merah Putih seusai mengucap sumpah janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta pada Selasa (24/1/2023) sore WIB.
Shayne Pattynama resmi menjadi WNI setelah disumpah pada Selasa (24/1/2023) di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), DKI Jakarta.

Shayne mulai menjalani proses naturalisasi sejak akhir Mei 2022. Pada November 2022, permohonan naturalisasinya disetujui oleh DPR.

Di awal Januari 2023, Keputusan Presiden (Keppres) perpindahan kewarganegaraan Shayne telah ditandatangani. Setelah itu, PSSI mengurus perpindahan asosiasinya di FIFA dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI).

Dilansir dari laman PSSI, Shayne lahir di Lelystad, Belanda pada 11 Agustus 1998.

Shayne dulunya merupakan warga Belanda yang memiliki keturunan Semarang, Indonesia.

"Saya sangat bangga dan bahagia menjadi orang Indonesia. Ayah saya yang ada di atas sana sekarang akan melihat ke bawah dan bangga kepada saya," kata dia.

Shayne saat ini bermain sebagai bek di klub kasta tertinggi kompetisi sepak bola Norwegia, Viking FK.

Baca juga: Rekor Skor Terbesar dalam Laga Sepak Bola, Lahir karena 149 Gol Bunuh Diri

2. Ivar Jenner

Ivar Jenner dan Rafael Struick telah mengambil sumpah dan resmi menjadi WNI. Pengambilan sumpah WNI Ivar jenner dan Rafael Struick dilakukan pada Senin 22 Mei 2023 di kanwil Kemenkumham, Cawang, Jakarta. Terkini, Ivar Jenner dan Rafael Struick bersemangat untuk bertanding melawan Argentina di FIFA Matchay edisi Juni 2023.Dok. PSSI Ivar Jenner dan Rafael Struick telah mengambil sumpah dan resmi menjadi WNI. Pengambilan sumpah WNI Ivar jenner dan Rafael Struick dilakukan pada Senin 22 Mei 2023 di kanwil Kemenkumham, Cawang, Jakarta. Terkini, Ivar Jenner dan Rafael Struick bersemangat untuk bertanding melawan Argentina di FIFA Matchay edisi Juni 2023.
Ivar Jenner menjalani pengambilan sumpah menjadi WNI pada Senin (22/5/2023) bersama pemain naturalisasi lainnya, Rafael Struick.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com