Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi Tak Pernah Lakukan Hal Ini

Kompas.com - 27/12/2023, 15:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Emotional intelligence atau kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengidentifikasi, mengelola, serta mengantisipasi perasaan diri sendiri maupun orang lain.

Psikolog dan penulis Daniel Goleman menciptakan istilah ini dalam bukunya Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ yang terbit pada 1995.

Semakin tinggi kecerdasan emosional seseorang, semakin mudah pula untuk memahami perasaannya ataupun perasaan orang lain.

Sebaliknya, seseorang dengan tingkat kecerdasan emosional rendah cenderung tidak mampu memahami emosi secara akurat.

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, Kamis (21/12/2023), kecerdasan emosional atau EQ pada dasarnya penting dalam setiap aspek kehidupan.

Jenis kecerdasan ini dapat membantu seseorang tetap tenang di bawah tekanan dan menghindari momen canggung.

Beberapa ahli pun percaya, EQ lebih penting daripada intelligence quotient (IQ) atau kecerdasan intelektual dalam menentukan kesuksesan hidup secara keseluruhan.

Oleh karena itu, memiliki EQ yang tinggi bukan hanya dapat berdampak positif pada hubungan interpersonal, tetapi juga kesehatan mental dan fisik.

Nah, beberapa tindakan juga dapat menjadi tanda seseorang memiliki kecerdasan emosional tinggi, termasuk dalam berinteraksi dengan orang lain.

Lantas, apa saja tanda-tanda kecerdasan emosional tinggi?

Baca juga: Kata-kata Ini Sering Diucapkan Seseorang dengan Kecerdasan Emosional Rendah


Sikap yang jadi tanda kecerdasan emosional tinggi

Pakar dan peneliti EQ selama lebih dari 20 tahun, Harvey Deutschendorf mengungkap, orang dengan tingkat kecerdasan emosional tinggi terlihat dari caranya berinteraksi dengan sesama.

"Untuk menumbuhkan dan mengembangkan hubungan yang bermakna, Anda harus berkomunikasi dan membaca bahasa tubuh secara efektif," kata dia, dikutip dari CNBC, Minggu (19/11/2023).

Berikut delapan hal yang tidak pernah dilakukan oleh orang dengan kecerdasan emosional tinggi saat berbicara dan berinteraksi dengan orang lain:

1. Tidak fokus hanya pada diri sendiri

Orang dengan EQ tinggi menghargai pengakuan atas sesuatu yang orang lain lakukan dan banggakan, tidak hanya berfokus pada segala pencapaian diri sendiri.

"Melakukan hal ini dengan tulus memastikan bahwa Anda akan diingat secara positif," terang Deutschendorf.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com