Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Kereta Berhenti Luar Biasa di Lempuyangan Imbas Macet Yogyakarta

Kompas.com - 25/12/2023, 19:30 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan kebijakan 11 kereta berhenti luar biasa (BLB) di Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta imbas adanya kemacetan di jalan sekitar Stasiun Yogyakarta, antar lain Jalan Margo Utomo hingga Jalan Kleringan.

Rekayasa pola operasi 11 perjalanan kereta berhenti luar biasa di Stasiun Lempuyangan ini berlaku mulai Minggu (24/12/2023).

Selanjutnya pada Senin (25/12/2023) hingga Selasa (26/12/2023), BLB dilanjutkan kembali dengan menambah tiga kereta yang BLB di Stasiun Yogyakarta

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan, kebijakan ini dikeluarkan untuk mengantisipasi dampak kemacetan. 

Pihaknya menjelaskan, pemberlakukan berhenti luar biasa artinya kereta akan berhenti di stasiun untuk proses naik penumpang kereta api.

Baca juga: 12 Tempat Wisata dan Kuliner Gratis Masuk Pakai Tiket Kereta Cepat Whoosh, Simak Syaratnya!

Penumpang bisa naik dari Lempuyangan

Sebagai contoh, BLB di Stasiun Lempuyangan, artinya penumpang kereta yang kesulitan menuju Stasiun Yogyakarta, bisa mendapatkan alternatif untuk naik kereta dari Stasiun Lempuyangan, meskipun biasanya kereta tidak berhenti di Stasiun Lempuyangan.

"Hal ini merupakan bentuk adaptasi perusahaan demi memudahkan pelayanan kepada pelanggan," kata Krisbiyantoro kepada Kompas.com, Senin (25/12/2023).

Ia menyebutkan, BLB dilanjutkan kembali pada Senin dan Selasa, karena kemacetan masih berpotensi menghambat perjalanan calon pelanggan yang akan naik kereta dari Stasiun Yogyakarta.

Ia menambahkan, kemacetan diperkirakan akan berlangsung hingga akhir tahun.

Pelanggan diimbau dapat mengantisipasinya dengan memperkirakan waktu keberangkatan ke stasiun agar tak tertinggal.

"Kereta yang dilakukan BLB akan tetap berangkat sesuai jadwal, namun ada penyesuaian pola operasi di mana beberapa KA tersebut akan berhenti guna menaikkan pelanggan di Stasiun Lempuyangan dan Yogyakarta," terangnya lagi.

Baca juga: Cara Dapat Tumbler dan Kaus Gratis dari KAI di Masa Libur Nataru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com