Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Diperbincangkan, Ini Ranking SGIE Indonesia per 2022

Kompas.com - 23/12/2023, 19:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - State of the Global Islamic Economy atau SGIE menjadi ramai diperbincangkan setelah calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menanyakan hal tersebut kepada cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar.

"Karena Gus Imin ini adalah ketua umum PKB, saya yakin Gus Imin paham untuk masalah ini, bagaimana langkah Gus Imin untuk menaikkan Indonesia di SGIE?" tanya Gibran dalam debat Pilpres 2024, Jumat (22/12/2024).

Muhaimin sempat kebingungan menjawab pertanyaan tersebut dan balik bertanya kepada Gibran mengenai apa yang dimaksud dengan SGIE.

Gibran lalu menjelaskan SGIE atau State of the Global Islamic Economy berkaitan dengan ekonomi, keuangan, dan produk-produk syariah yang halal di Indonesia.

Sejumlah produk Indonesia, katanya, saat ini telah masuk peringkat 10 besar dalam SGIE tersebut.

Muhaimin merespons dengan menyatakan peringkat Indonesia perlu ditingkatkan dengan menyiapkan perangkat dan regulasi supaya industri halal dapat berkembang.

Baca juga: Apa Itu SGIE yang Ditanyakan Gibran dan Bikin Bingung Cak Imin?

 

Apa itu SGIE?

State of the Global Islamic Economy atau SGIE merupakan indikator ekonomi Islam global yang dirilis organisasi DinarStandard bersama Departemen Ekonomi dan Pariwisata (DET) Uni Emirate Arab.

Diberitakan Kompas.com, Jumat (22/12/2023), laporan SGIE mencangkup 81 negara di dunia. Ini termasuk Indonesia, Malaysia, Arab Saudi, UEA, dan Turkiye.

Peringkat SGIE dinilai dalam sejumlah sektor seperti keuangan Islam, makanan dan minuman halal, kosmetik dan obat-obatan halal, perjalanan ramah muslim, fesyen sederhana, serta media dan rekreasi bertema Islam.

DinarStandard akan memberikan penilaian terhadap setiap negara berdasarkan enam sektor tersebut.

Negara yang nilai keseluruhannya paling baik akan mendapatkan peringkat satu.

Ranking di SGIE diterbitkan secara berkala setiap tahun. Terbaru, DinarStandard merilis peringkat SGIE di Dubai, Uni Emirate Arab pada Kamis (31/3/2022).

Baca juga: Ingin Digenjot Gibran, Apa Itu Hilirisasi Digital?

Peringkat SGIE Indonesia

Peringkat SGIE Indonesia dalam State of the Global Islamic Economy (SGIE) Report 2022. SGIE Peringkat SGIE Indonesia dalam State of the Global Islamic Economy (SGIE) Report 2022.
DinarStandard merilis laporan State of the Global Islamic Economy (SGIE) 2022 dengan tema "Unlocking Opportunity".

Dilansir dari dokumen resminya, SGIE edisi kesembilan ini mencakup perkembangan perekonomian dari 81 negara di tengah pandemi pada 2020 hingga triwulan III 2021.

Laporan tersebut memberikan peringkat kepada 81 negara dengan menilai sektor ekonomi Islam di negara-negara tersebut.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com