Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Kucing Somali, Si 'Kucing Rubah' yang Aktif dan Cerdas

Kompas.com - 21/12/2023, 11:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Ras Somali adalah kucing yang aktif dan cerdas dengan bulu indah dan tubuh atletis. Trah ini kadang-kadang disebut sebagai “kucing rubah” karena warnanya yang kemerahan dan ekornya yang besar dan berbulu halus.

Dikenal karena sifat ingin tahunya yang lucu, orang Somalia senang berinteraksi dengan manusia dan tidak bisa beradaptasi dengan baik terhadap kebosanan.

Dilansir dari laman Cats.com, ras kucing Somali pertama kali hadir pada tahun 1940-an. Seorang peternak kucing Abyssinian bernama, Jante Robinson, mengekspor anak kucingnya dari Inggris ke Selandia Baru, Amerika Utara, dan Australia.

Kucing-kucing yang ia bawa tersebut kadang-kadang menghasilkan anak kucing Abyssinian yang berbulu panjang.

Baca juga: Alasan Kucing Peliharaan Bersembunyi Ketika akan Mati


Meski demikian, diketahui orang pertama yang memperlihatkan kucing Abyssinian berbulu panjang adalah Raby Chuffa dari Selene, di Amerika Serikat.

Baru pada 1963, seorang peternak kucing asal Kanada bernama Mary Mailing mendaftarkan kucing Abyssinian berambut panjang ke dalam pertunjukan hewan peliharaan lokalnya.

Juri acara tersebut sangat terkesan sehingga meminta salah satu kucing milik Mailing untuk dikembangbiakkan.

Baca juga: Mengenal Ras Burmilla, Kucing Unik Perpaduan Ras Persia dan Burma

Para peternak yang menyukai penampilan dan kepribadian Abyssinian berambut panjang tersebut kemudian berupaya mengembangkan dan mempromosikan varietas baru tersebut.

Ras kucing ini kemudian diberi nama Solami. Selanjutnya Asosiasi Pemelihara Kucing (CFA) memberikan pengakuan resmi pada ras ini pada tahun 1979.

Butuh waktu lebih dari satu dekade bagi ras kucing Somali untuk mendapatkan pengakuan internasional yang luas.

Baca juga: Benarkah Kucing Belang Tiga Pasti Betina dan Kucing ‘Oren Selalu Jantan?

Karakteristik dan kepribadian

Ciri-ciri ras kucing Somali.iStockphoto/grase Ciri-ciri ras kucing Somali.

Ras Somali adalah kucing eksotis yang memiliki tubuh atletis dan bulu indah. Mereka dikenal sebagai ras yang aktif dan cerdas.

Kucing ini kadang-kadang disebut sebagai “kucing rubah”, karena warnanya yang kemerahan dan ekornya yang besar dan berbulu halus.

Dikutip dari laman Daily Paws, standar ras dari Asosiasi Pemelihara Kucing mengakui empat warna bulu ras Somalia, yakni merah, kemerahan, coklat kekuningan, dan biru.

Baca juga: Benarkah Kucing Memiliki Sembilan Nyawa? Begini Asal-usulnya

Secara penampilan, kucing ini mirip dengan kucing Abyssinian, hanya saja bulunya panjang. Meski ada beberapa kucing Somali yang bulunya pendek, namun tetap lebih lebat.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com