Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil dan Harta Kekayaan Abdul Gani Kasuba, Gubernur Maluku Utara yang Terjerat OTT KPK

Kompas.com - 19/12/2023, 09:29 WIB
Alinda Hardiantoro,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dalam kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) yang dilaksanakan pada Senin (18/12/2023).

Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri mengatakan, pihaknya mengamankan setidaknya 15 orang dalam OTT itu.

"Benar, Gubernur Maluku Utara dan beberapa pejabat lainnya serta pihak swasta," ujarnya, dilansir dari Kompas.com, Selasa (19/12/2023).

Belasan orang yang diamankan tersebut terkait dengan kasus dugaan jual beli jabatan, sebagaimana disampaikan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

"Diduga dalam tindak pidana korupsi lelang jabatan dan proyek pengadaan barang dan jasa," katanya, Senin.

Baca juga: Pro dan Kontra Hukuman Mati

Berikut profil Abdul Gani Kasuba, gubernur Maluku Utara yang diduga terlibat kasus jual beli jabatan itu:

Baca juga: Hukuman Mati Koruptor yang Selalu Jadi Wacana

Profil Abdul Gani Kasuba

Abdul Gani Kasuba merupakan pria asal suku Tobeli yang lahir di Bibinoi, Halmahera Selatan, Maluku Utara pada 21 Desember 1951.

Abdul Gani tumbuh dalam keluarga pemeluk Islam pertama di suku Tobelo.

Dia menghabiskan masa kecilnya di daerah Palu, Sulawesi Tengah dan kembali ke tanah kelahirannya di Maluku Utara.

Dikutip dari laman Provinsi Maluku Utara, Abdul Gani menempuh pendidikan di Madrasah Diniyah awaliyah (M.D.A) Alkhairat Palu (setingkat SD) dan melanjtukan ke Madrasah lanjutan Alkhairat Pusat Palu Madrasah (setingkat SMP).

Setelah lulus, ia melanjutkan sekolah ke Madrasah lanjutan Alkhairat Pusat Palu (Madrasah Mualimin) yang setara dengan SMA.

Di tingkat perguruan tinggi, Abdul Gani memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke Universitas Islam Madinah, Arab Saudi. Dia menjadi penganut Islam dari suku Tobelo pertama yang menuntut ilmu ke luar negeri.

Baca juga: Mengenal Hukuman Mati di Indonesia: Dasar Hukum dan Detail Pelaksanaannya

Karier politik Abdul Gani Kasuba

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Provinsi Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, dan Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati saat konferensi pers  Road to Hari Nusantara di Gedung Kemenhub, Jakarta, Senin (13/11/2023).KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Provinsi Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, dan Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati saat konferensi pers Road to Hari Nusantara di Gedung Kemenhub, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Setelah lulus dari Universitas Islam Madinah, Arab Saudi, Abdul Gani kembali ke tanah kelahiran dan bekerja sebagai kepala Inspeksi di Yayasan Al-Khaairat pada 1983-1990.

Dia juga aktif di bidang dakwah sehingga dilirik oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com