Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Gempa Sukabumi, Puluhan Rumah Dilaporkan Alami Kerusakan

Kompas.com - 14/12/2023, 13:45 WIB
Nur Rohmi Aida,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa dengan Magnitudo 4,6 mengguncang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis (14/12/2023) pukul 06.35 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono mengatakan, episenter gempa berada pada jarak 25 kilometer barat laut Sukabumi dengan kedalaman 5 kilometer.

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, ia menyebutkan bahwa gempa ini termasuk jenis gempa dangkal.

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif," kata Daryono, Kamis (14/12/2023).

Akibat gempa itu, puluhan rumah dilaporkan mengalami kerusakan.

Baca juga: Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Sukabumi Terasa hingga Jakarta

68 rumah rusak 

Kepala Pusat data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, gempa tersebut mengakibatkan 68 rumah mengalami kerusakan.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 61 rumah rusak berada di Kabupaten Bogor, sedangkan sisanya di Kabupaten Sukabumi.

"Gempa berdampak pada 61 rumah terdampak di Kabupaten Bogor dan tujuh rumah rusak di Kabupaten Sukabumi," ujar Abdul kepada Kompas.com, Kamis (14/12/2023).

Menurutnya, 2 rumah di Sukabumi mengalami kerusakan sedang dan 5 rumah lain mengalami kerusakan ringan.

Beberapa lokasi yang terkena dampak gempa di Kabupaten Bogor adalah Kecamatan Pamijahan, Keamatan Leuwiliang, Kecamatan Nanggung, dan Kecamatan Ciampea.

Sementara, dampak dari gempa di Sukabumi berada di Kecamatan Kabandungan, Kecamatan Kalapanunggal, Kecamatan Kadudampi, dan Kecamatan Cikembar.

"Hingga kini, BPBD Kabupaten Sukabumi dan BPBD Kabupaten Bogor telah menerjunkan tim reaksi cepat ke lokasi terdampak untuk melakukan asesmen dan pendataan lanjutan di lapangan," ujarnya.

Baca juga: Analisis Penyebab Gempa Magnitudo 4,7 yang Mengguncang Sukabumi

Wialyah yang merasakan

Sebelumnya, getaran gempa Sukabumi dirasakan di sejumlah wilayah dengan intensitas sebagai berikut:

  • Wilayah Pamijahan dengan Skala Intensitas III - IV MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi)
  • Di Panggarangan, Bayah, Kalapanunggal, Cilograng, Bogor dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)
  • Di Ciputat, Tangerang dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)
  • Di Palabuhan Ratu dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)

Berdasarkan hasil monitoring BMKG sejak tanggal 6 Desember 2023 hingga 14 Desember 2023 pukul 06.35 WIB, sudah terjadi gempa bumi sebanyak 50 kali di lokasi yang berdekatan.

Baca juga: Gempa M 4,6 Guncang Sukabumi, Adakah Kaitan dengan Aktivitas Gunung Salak?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com