Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fokus pada Pengembangan Sistem AI, Apa Itu Google DeepMind?

Kompas.com - 04/12/2023, 15:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Google DeepMind adalah anak perusahaan Alphabet yang berfokus pada teknologi Artificial Intelligence (AI), machine learning, dan penelitian ilmu saraf.

Perusahaan ini telah mengembangkan sistem AI termasuk mengidentifikasi penyakit mata dengan lebih cepat dan memainkan game kompleks, seperti catur dan go.

Dilansir dari laman Lifewire, Google DeepMind dimulai pada tahun 2010. Awalnya bernama DeepMind Technologies, yakni perusahaan yang didirikan oleh Demis Hassabis, Shane Legg, dan Mustafa Suleyman di London.

Mereka ingin menggabungkan machine learning (pembelajaran mesin), ilmu saraf, teknik, matematika, simulasi, dan infrastruktur komputasi untuk menciptakan solusi pembelajaran mendalam yang inovatif.

Baca juga: Google Chrome Terbaru Tak Lagi Dukung Android Ini, Cek Versi di Perangkat!


Keberhasilan awal mereka adalah melatih model AI untuk mempelajari cara memainkan game klasik seperti Atari, Pong, dan Space Invaders.

Kemudian Google mengakuisisi perusahaan tersebut pada 2014 dan sejak itu, teknologi AI dari DeepMind telah mengalami perkembangan pesat.

Pada April 2023, Google Brain (divisi AI Google sebelumnya) digabungkan dengan DeepMind, menjadi Google DeepMind untuk membentuk satu entitas.

Baca juga: Cara Menambah Jalan Baru di Google Maps, Mudah Bisa lewat Ponsel

Perjalanan Google DeepMind

Ilustrasi hasil karya dari Google DeepMind.https://deepmind.google/ Ilustrasi hasil karya dari Google DeepMind.

Lab ini mencapai kesuksesan awal dengan memelopori bidang pembelajaran yang kuat dan dalam dan menggunakan permainan untuk menguji sistemnya.

Salah satu terobosan awalnya adalah sebuah program bernama DQN, yang mempelajari cara memainkan 49 game Atari berbeda dari awal hanya dengan mengamati piksel mentah di layar dan diminta untuk memaksimalkan skor.

Dikutip dari laman resmi Google DeepMind, berikut beberapa produk yang telah dihasilkan perusahaan tersebut:

1. AlphaGo

Pada 2015, DeepMind meluncurkan AlphaGo, program komputer pertama yang mengalahkan juara dunia Go, sebuah permainan papan yang berasal dari China.

AlphaGo menginspirasi era baru sistem AI dan penerusnya, AlphaZero dan MuZero, mampu menyelesaikan banyak hal, mulai dari mengompresi video hingga menemukan algoritma komputer.

Baca juga: Cara Pakai YouTube Create untuk Edit Video dengan Cepat di Ponsel

2. AlphaStar

AlphaStar pertama kali didemonstrasikan pada tahun 2019. Ini adalah sistem AI pertama yang mengalahkan pemain profesional peringkat Grandmaster di game StarCraft II.

StarCraft II adalah game real-time strategy dengan permainan yang berlapis-lapis dan menantang.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com