Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mengusir Kelelawar dari Pohon Buah

Kompas.com - 28/11/2023, 07:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kelelawar pemakan buah yang berkeliaran di antara pohon-pohon buah di sekitar rumah akan merugikan pemilik rumah.

Hewan ini merugikan pemilik rumah karena memakan buah-buahan yang siap panen. Mereka juga bisa mengotori sekitar rumah dengan kotoran dan potongan buah yang jatuh.

Selama musim panen, kelelawar menjadi musuh utama pemilik rumah. Hewan itu membuat pemilik rumah perlu rutin memeriksa dan membungkus buah-buahan di pohon agar tidak dimakan.

Lalu, adakah cara untuk mengusir kelelawar pemakan buah?


Cara mengusir kelelawar pemakan buah

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengusir kelelawar pemakan buah dari buah-buahan yang sudah matang di pohon:

Baca juga: 11 Cara Mengusir Kelelawar di Atap Rumah, Apa Saja?

1. Gunakan semprotan alami 

Dikutip dari Homes and Gardens (6/9/2022), terdapat beberapa bahan alami berbau menyengat yang bisa mengganggu indra penciuman kelelawar.

Beberapa bahan alami yang bisa mengusir kelelawar, seperti peppermint, kayu manis, kayu putih, atau eucalyptus.

Cara menggunakannya, campurkan beberapa tetes minyak esensial beraroma menyengat tadi dengan dua cangkir air hangat dan setengah cangkir gula. Lalu, semprotkan campuran tadi ke sekitar pohon buah.

2. Bungkus buah-buah di pohon
ilustrasi kelelawariStockphoto/CreativeNature_nl ilustrasi kelelawar

Kelelawar terbang di sekitar rumah untuk mengambil buah-buahan yang sudah matang di halaman.

Untuk mencegahnya, bungkus buah-buahan yang hampir atau sudah matang dengan jaring atau plastik. Cara ini akan mencegah kelelawar memakannya.

Selain itu, kelelawar juga bisa datang ke rumah yang diserang serangga seperti kumbang, ngengat, dan nyamuk. Karena itu, basmi hama tersebut agar tidak mengundang kelelawar.

3. Pasang lampu halaman yang terang

Kelelawar merupakan makhluk nokturnal yang beraktivitas di malam hari. Itu membuat mereka sensitif dengan pencahayaan yang terang.

Usir kelelawar dari pohon buah dengan cara memasang lampu yang terang di halaman atau teras rumah. Kelelawar akan takut dengan lampu yang terang sehingga menjauh dari rumah.

Untuk tempat-tempat tersembunyi seperti loteng, pertimbangkan memasang lampu yang menyala otomatis akibat gerakan. Ini membuat kelelawar tidak akan memanfaatkan loteng sebagai sarangnya.

4. Pasang alat suara ultrasonik

Kelelawar memiliki indra pendengaran yang sensitif dengan suara ultrasonik. Gelombang suara yang tidak terdengar manusia itu justru menakutinya.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com